Asmoro, Nita Diah (2018) EFEKTIVITAS PELATIHAN SELF REGULATION LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA (Penelitian pada Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 11 Kota Magelang). S1 thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[thumbnail of Skripsi]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0301.0046_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (786kB) | Preview
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
13.0301.0046_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (476kB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
13.0301.0046_FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi] PDF (Skripsi)
13.0301.0046_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan self
regulation learning terhadap peningkatan motivasi belajar pada siswa.Penelitian ini
dilakukan pada siswa kelas VIII F SMP Negeri 11 kota Magelang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian pra eksperimen dengan model one
group pre test post test design. Subjek penelitian dipilih secara purposive sampling,
sample yang diambil sebanyak 8 siswa memiliki motivasi belajar rendah yang
merupakan kelompok yang diberikan perlakuan. Metode pengumpulan data dilakukan
dengan menggunakan angket motivasi belajar. Ujivaliditas instrument angket
motivasi belajar dengan menggunakan rumus product moment sedangkan uji
reabilitas menggunakan rumus cronbach alpha dengan bantuan SPSS for Windows
versi 23.0. Uji prasyaratan analisis terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas.
Analisis data menggunakan teknik statistic parametik yaitu uji Paired Sample T-Test
dengan bantuan program SPSS for Windows versi 23.0.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pelatihan self regulation learning
memberi efek yang positif terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan dari
hasil analisis Uji Paired Sample T-Test pada kelompok yang diberi perlakuan dengan
probabilitas nilai sig (2-tailed) 0.000 < 0.05. berdasarkan hasil analisis dan
pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata angket motivasi belajar sebelum dan
sesudah perlakuan pada siswa sebesar 32,7%. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan
bahwa pelatihan self regulation learning untuk meningkatkan motivasi belajar siswa
memberikan efek yang positif terhadap motivasi belajar siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (S1)
Pembimbing: Dra. Indiati, M.Pd (0028036001) dan Sugiyadi, M.Pd. Kons (0627057501)
Uncontrolled Keywords: Pelatihan Self regulation learning, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling (S-1)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 22 Oct 2020 04:02
Last Modified: 22 Jan 2025 03:52
URI: http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1792

Actions (login required)

View Item View Item