EFEKTIFITAS TEKNIK METAFORA DALAM LAYANAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA (Penelitian Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tembarak Temanggung)

Sulistyaningsih, Rahayu (2018) EFEKTIFITAS TEKNIK METAFORA DALAM LAYANAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA (Penelitian Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tembarak Temanggung). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0301.0024_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (881kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0024_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (597kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0024_FULL_TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0024_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas teknik metafora dalam konseling kelompok untuk meningkatkan percaya diri siswa, penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Tembarak, Temanggung. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen pre test – post test one group desaign. Subjek penelitian dipilih secara purposive sampling yaitu 13 siswa yang mengalami rasa percaya diri yang rendah, sedang, maupun tinggi. Metode pengumpulan data menggunakan skala kepercayaan diri. Analisis data menggunakan statistic non parametric dengan uji wilcoxon signed rank test dengan bantuan program SPSS versi 23.00 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa konseling kelompok dengan teknik metafora efektif untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan peningkatan skor post test yang signifikan lebih tinggi dibanding dengan skor pre test sebelum diberikan konseling kelompok dengan teknik metafora. Peningkatan skor tertinggi adalah 84 atau sekitar 78,50%, ratarata peningkatan sekor sebesar 33 atau sekirar 25,93% dan skor terendah sebesar 5 atau sekitar 28,59% selain itu peningkatan rasa percaya diri siswa ditandai dengan perbedaan salah satu aspek dan indikator kepercayaan diri salah satunya adalah siswa yang merasa minder dan kurang percaya diri sekarang lebih berani dan mencoba hal yang baru dan rasa percaya diri siswa meningkat.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Riana Mashar,S.Psi,M.Si. (0614107401) dan Nofi Nur Yuhenita, S.Pd.,M.Psi (0609118701)
Uncontrolled Keywords: Teknik Metafora, Konseling Kelompok, Percaya Diri
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 22 Oct 2020 04:19
Last Modified: 22 Oct 2020 04:19
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1788

Actions (login required)

View Item View Item