Riyadlussolikhin, Muchammad Eddytiya (2018) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF CONTROL UNTUK MENGURANGI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA (Penelitian pada Siswa Kelas XI SMK 17 Kota Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
13.0301.0008_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
13.0301.0008_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (710kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
13.0301.0008_FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
13.0301.0008_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Bentuk prokrastinasi yang terjadi di lingkungan sekolah dikenal dengan istilah prokrastinasi akademik. Prokrastinasi akademik dianggap sebagai perwujudan dari rendahnya self control pada diri siswa. Self control pada diri siswa dianggap berpengaruh terhadap tinggi atau rendahnya perilaku prokrastinasi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik self control untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik. Desain penelitian yang digunakan yaitu pre test – post test group design dengan satu perlakuan. Subjek penelitian adalah 16 siswa kelas XI Akuntansi SMK 17 Magelang yang dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu 8 siswa yang diberi perlakuan berupa konseling kelompok (kelompok eksperimen), dan 8 siswa yang tidak diberi perlakuan sebagai pembanding (kelompok kontrol). Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis non parametrik, yaitu Mann Whitney dengan bantuan software IBM SPSS for Mac versi 24.00. Hasil analisis non parametrik menggunakan uji Mann Whitney menunjukkan nilai U sebesar 58.5 dan nilai W sebesar 194.5 yang apabila dikonversikan ke nilai Z maka besarnya adalah -2.623 dan selanjutnya diketahui bahwa nilai Asymp. Sig. (2-tailed) lebih kecil dari probabilitas 0,05 (< 0,05), maka Ho ditolak dan Ha diterima, maka dapat diartikan bahwa terdapat perbedaan antara rata–rata skor skala perilaku prokrastinasi akademik antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Pengaruh menurunnya perilaku prokrastinasi akademik dibuktikan dengan perbedaan persentase penurunan skor skala prokrastinasi akademik yang lebih besar antara kelompok eksperimen (26,62%) dengan kelompok kontrol (1,69%).
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Arie Supriyatno, M.Si., (0012045601) dan Hijrah Eko Putro, M.Pd.,(0626098401) |
Uncontrolled Keywords: | layanan konseling kelompok, teknik self control, prokrastinasi akademik. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 22 Oct 2020 03:32 |
Last Modified: | 22 Oct 2020 03:32 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1780 |
Actions (login required)
View Item |