Mayawati, Annis Ika (2020) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING BERBANTUAN MODUL BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCE TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL SISWA (Penelitian pada Siswa Kelas V di SD Muhammadiyah Tempuran Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0084_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_ DAFTAR PUSTAKA__.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0084_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (290kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
16.0305.0084_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (21MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
16.0305.0084_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (20MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
16.0305.0084_PERNYATAAN PUBLIKASI_.pdf - Published Version Download (195kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model cooperative learning berbantuan modul berbasis multiple intelligence terhadap keterampilan sosial siswa di SD Muhammadiyah Tempuran Kabupaten Magelang pada pembelajaran PKN kelas V. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (Quasy Eksperimental Design) dengan model Noneequivalent Control Group Design. Subjek penelitian dipilih secara Nonprobability Sampling model sampling jenuh. Sampel yang diambil sebanyak 42 orang siswa terdiri dari 21 siswa kelompok eksperimen dan 21 siswa kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket dan observasi keterampilan sosial. Uji validitas angket keterampilan sosial dengan menggunakan rumus product moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas, dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan teknik statistic parametrik yaitu uji One Way ANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perhitungan rata-rata nilai angket posttest kelas eksperimen sebesar 110,57 lebih tinggi dari pada rata-rata kelas kontrol sebesar 92,76. Perhitungan nilai rata – rata nilai observasi sebesar 31,28 lebih tinggi dari pada nilai rata -rata kelas kontrol sebesar 21,1. Hal ini dibuktikan dengan hail analisis uji One Way Anava pada angket dengan nilai probabilitas yang diperoleh pada tingkat signifikansi 0,05, nilai F hitung = 51,911 > 3,07. Artinya ada perbedaan yang signifikan antara hasil posttest kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning berbantuan modul berbasis multiple intelligence dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan model dan media pembelajaran. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Cooperative Learning berbantuan modul berbasis multiple intelligence berpengaruh positif terhadap keterampilan sosial siswa
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Prof. Dr. Muhammad Japar, M.Pd. Kons (0012096606) dan Rasidi, M.Pd (0620098801) |
Uncontrolled Keywords: | Model Cooperative Learning Berbantuan Modul Berbasis Multiple Intelligence, Keterampilan Sosial |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 20 Oct 2020 06:22 |
Last Modified: | 20 Oct 2020 06:22 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1706 |
Actions (login required)
View Item |