HUBUNGAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP NILAI HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMA N 2 KOTA MAGELANG

Abdul Karim, Muhammad Malik (2020) HUBUNGAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP NILAI HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMA N 2 KOTA MAGELANG. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0401.0030_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0401.0030_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (685kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0401.0030_FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0401.0030_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0401.0030_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (417kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah terhadap Nilai Hasil Belajar Mata Pelajarn PAI di SMA N 2 Kota Magelang. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA N 2 Kota Magelang yang berjumlah 282 dan sampel yang peneliti ambil berjumlah 75 dengan teknik sampling yang digunakan yaitu dengan teknik probability sampling, dilanjutkan menggunakan teknik simple random sampling.simple random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket yang digunakan untuk mengungkap variabel pemanfaatan perpustakaan sekolah. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dengan statistik. Untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap nilai hasil belajar mata pelajaran PAI menggunakan bantuan komputer progam SPSS for windows versi 23. Hasil penelitian menunjukkan ada satu responden yang memiliki pemanfaatan perpustakaan sekolah yang kurang dengan presentase 1,3%, responden kategori cukup baik yaitu sebanyak 46 responden dengan persentase 61,3%, responden kategori baik sejumlah 27 responden dengan presentase 36%, dan responden kategori sangat baik sejumlah 1 responden dengan persentase 1.3%. maka pemanfaatan perpustakaan sekolah cukup baik yaitu sebanyak 46 responden persentase 61,3%. Selanjutnya nilai hasil belajar PAI responden yang memiliki nilai 76-78 berjumlah 5 anak dengan presentase 6,6%, responden yang memilik nilai 79 – 81 berjumlah 12 responden dengan presentase 16%, nilai 82-84 berjumlah 28 responden dengan presentase 37,4%, nilai 85-87 berjumlah 21 responden dengan presentase 28%, dan responden yang memiliki nilai 88-90 berjumlah 9 responden dengan presentase 12%, maka nilai hasil belajar PAI berpredikat cukup baik dengan 28 responden dengan presentase 37,4%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap nilai hasil belajar PAI di SMA N 2 Kota Magelang. Pernyataan tersebut dapat diketahui karena nilai r hitung yang didapatkan sebesar 0,533 lebih besar dari nilai r tabel yaitu 0,227. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap nilai hasil belajar PAI.. Selanjutnya hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap nilai hasil belajar PAI sebesar 28,4%. Adapun sisanya sebesar 71,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak penulis teliti.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Imam Mawardi M.Ag. dan M. Tohirin M.Ag
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 20 Oct 2020 04:21
Last Modified: 20 Oct 2020 04:21
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1676

Actions (login required)

View Item View Item