Abdul Karim, Muhammad Malik (2020) HUBUNGAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH TERHADAP NILAI HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMA N 2 KOTA MAGELANG. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
Preview |
PDF (Skripsi)
14.0401.0030_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
PDF (Skripsi)
14.0401.0030_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (685kB) | Request a copy |
|
PDF (Skripsi)
14.0401.0030_FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
PDF (Skripsi)
14.0401.0030_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Skripsi)
14.0401.0030_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (417kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Pemanfaatan
Perpustakaan Sekolah terhadap Nilai Hasil Belajar Mata Pelajarn PAI di SMA N
2 Kota Magelang.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA N 2 Kota Magelang
yang berjumlah 282 dan sampel yang peneliti ambil berjumlah 75 dengan teknik
sampling yang digunakan yaitu dengan teknik probability sampling, dilanjutkan
menggunakan teknik simple random sampling.simple random sampling. Metode
pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket yang digunakan
untuk mengungkap variabel pemanfaatan perpustakaan sekolah. Teknik analisis
data dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif dengan statistik. Untuk
mengetahui pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap nilai hasil
belajar mata pelajaran PAI menggunakan bantuan komputer progam SPSS for
windows versi 23.
Hasil penelitian menunjukkan ada satu responden yang memiliki
pemanfaatan perpustakaan sekolah yang kurang dengan presentase 1,3%,
responden kategori cukup baik yaitu sebanyak 46 responden dengan persentase
61,3%, responden kategori baik sejumlah 27 responden dengan presentase 36%,
dan responden kategori sangat baik sejumlah 1 responden dengan persentase
1.3%. maka pemanfaatan perpustakaan sekolah cukup baik yaitu sebanyak 46
responden persentase 61,3%. Selanjutnya nilai hasil belajar PAI responden yang
memiliki nilai 76-78 berjumlah 5 anak dengan presentase 6,6%, responden yang
memilik nilai 79 – 81 berjumlah 12 responden dengan presentase 16%, nilai 82-84
berjumlah 28 responden dengan presentase 37,4%, nilai 85-87 berjumlah 21
responden dengan presentase 28%, dan responden yang memiliki nilai 88-90
berjumlah 9 responden dengan presentase 12%, maka nilai hasil belajar PAI
berpredikat cukup baik dengan 28 responden dengan presentase 37,4%. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah
terhadap nilai hasil belajar PAI di SMA N 2 Kota Magelang. Pernyataan tersebut
dapat diketahui karena nilai r hitung yang didapatkan sebesar 0,533 lebih besar
dari nilai r tabel yaitu 0,227. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan
antara pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap nilai hasil belajar PAI..
Selanjutnya hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya pengaruh pemanfaatan
perpustakaan sekolah terhadap nilai hasil belajar PAI sebesar 28,4%. Adapun
sisanya sebesar 71,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak penulis teliti.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Imam Mawardi M.Ag. dan M. Tohirin M.Ag |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 20 Oct 2020 04:21 |
Last Modified: | 20 Oct 2020 04:21 |
URI: | http://repositori.unimma.ac.id/id/eprint/1676 |
Actions (login required)
View Item |