ANALISIS GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DALAM MENINGKATKAN NILAI KARAKTER RASA INGIN TAHU SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 1 MUNTILAN

FUADHI, HAMDAN RIFQI (2020) ANALISIS GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) DALAM MENINGKATKAN NILAI KARAKTER RASA INGIN TAHU SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 1 MUNTILAN. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0401.0012_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V.pdf - Published Version

Download (592kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0401.0012_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (564kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0401.0012_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0401.0012_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (709kB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0401.0012_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1) Pelaksanaan program gerakan literasi sekolah (GLS) SMA Negeri 1 Muntilan, 2) Nilai karakter rasa ingin tahu siswa pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 1 Muntilan pasca pelaksanaan Program Gerakan Literasi Sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subyek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru PAI, guru Bimbingan Konseling, dan peserta didik atau siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrument utama dalam melakukan penelitian yang dibantu dengan pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, display data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Program gerakan literasi sekolah yang ada di SMA Negeri 1 Muntilan yang sudah terlaksana dengan baik telah memasuki literasi baru serta masuk dalam tahapan pengembangan, gerakan literasi sekolah SMA Negeri 1 Muntilan dilaksanakan dengan 4 tahap, yaitu pemberian tema, sesi presentasi, sesi tanya jawab dan dilanjutkan dengan sesi diskusi.2) Nilai karakter rasa ingin tahu siswa pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 1 Muntilan setelah mengikuti gerakan literasi sekolah mengalami adanya peningkatan. Peningkatan nilai karakter rasa ingin tahu siswa pada mata pelajaran PAI bisa dilihat dari sikap kritis siswa saat mengikuti pembelajaran

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Suliswiyadi, M.Ag. dan Istania Widayati H, S.Pd.I., M.Pd.I.,
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 20 Oct 2020 03:45
Last Modified: 20 Oct 2020 03:45
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1674

Actions (login required)

View Item View Item