ULINUHA, MUCHAMAD (2020) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN METODE SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI BANYUSARI TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
15.0401.0049_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (951kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
15.0401.0049_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (218kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0401.0049_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0401.0049_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (456kB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
15.0401.0049_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (222kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah motode pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar mapel Pendidikan Agama Islam materi pokok Teladan Kisah Nabi Muhammad SAW semester ganjil kelas V di SD Negeri Banyusari Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Banyusari Kecamatan Grabag pada semester 1 tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah peserta didik 136 orang. Adapun dsmpel penelitian ini berjumlah 30 siswa. Prosedur penelitian terdiri dari 4 tahap pada setiap siklusnya, Yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes, pengamatan, dan dokumentasi.Sedangkan hasil analisis data dihitung secara kuantitatif dengan menggunakan rumus persentasi yang disebut percenteges correction. Indikator hasil belajar pada penelitian ini berupa tercapainya ketuntasan belajar individu dan klasikal. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan metode : observasi, dokumentasi dan tes evaluasi, dan LKS (lembar kerja siswa). Data hasil pengamatan tes evaluasi diolah dengan anlisis deskriptif untuk menggambarkan keadaan peningkatan pencapaian keberhasilan tiap siklus dan untuk menggambarkann keberhasilan pembelajaran dengan menggunakan motode pembelajaran Snowball Throwing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar PAI siswa melalui metode pembelajaran Snowball Throwing mengalami peningkatkan hasil belajar, khususnya pada materi pokok Teladan Kisah Nabi Muhammad SAW pada siklus I diperoleh nilai rata – rata kelas 84 dengan ketuntasan belajar 86,67%. Aktivitas belajar antar siswa 79,1% dan aktivitas belajar siswa dengan guru sebesar 90% dan meningkat menjadi 97 dengan ketuntasan belajar 100%. Aktivitas belajar antar siswa 94% dan aktivitas belajar siswa dengan guru 96,41% pada siklus II . Sehingga bisa disimpulkan bahwa terjadi peningkatan nilai rata – rata kelas dari 84 menjadi 97 serta ketuntasan belajar klasikal dari siklus I dan siklus II sebesar 13,33%. Sehingga tidak perlu dilakukan siklus III.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Mujahidun, M.Pd dan Istania Widayati Hidayati, M.Pd.I |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 20 Oct 2020 03:33 |
Last Modified: | 20 Oct 2020 03:33 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1667 |
Actions (login required)
View Item |