PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYYAH MELALUI PERMAINAN KARTU HURUF PADA SISWA DI SD N BENINGAN KABUPATEN MAGELANG

Wahyuni, Septi (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYYAH MELALUI PERMAINAN KARTU HURUF PADA SISWA DI SD N BENINGAN KABUPATEN MAGELANG. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0401.0056_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V.pdf - Published Version

Download (570kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0401.0056_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0401.0056_FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0401.0056_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0401.0056_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca huruf Hijaiyyah siswa kelas dua SD Negeri Beningan. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas 2 SD Negeri Beningan sebanyak 12 siswa.Penelitian ini menggunakan metode classroom action research dengan dua siklus. Pada setiap siklus terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan perenungan atau refleksi. Data diperoleh melalui metode observasi, dokumentasi dan angket. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan mean different dan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Hasil belajar membaca huruf hijaiyyah siswa kelas 2 SD Beningan setelah menggunakan media kartu huruf mengalami peningkatan. Pada pra siklus sebelum diterapkan tindakan, dari 12 siswa yang belum mencapai KKM dalam membaca huruf hijaiyyah sebanyak 10 siswa (83,33%) dengan nilai rata-rata 18,11 dan siswa yang mencapai KKM sebanyak 2 siswa (16,67%) dengan nilai rata-rata 87,66. Pada siklus I setelah diterapkan tindakan siswa yang mencapai KKM mengalami peningkatan menjadi 6 siswa (50%) dengan nilai rata-rata 84,56, sedangkan yang belum mencapai KKM berkurang menjadi 6 siswa (50%) dengan nilai rata-rata 61,89. Pada siklus II hasil belajar membaca huruf hijaiyyah semakin meningkat terbukti semua siswa telah mencapai KKM dengan nilai rata-rata 92,99.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Suliswiyadi, M.Ag. dan Istania Widayati, M.Pd.I.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 20 Oct 2020 03:32
Last Modified: 20 Oct 2020 03:32
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1666

Actions (login required)

View Item View Item