EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Nurohmah, Sarifah (2019) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0090 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (711kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0090 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0090 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0090 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0090 _ PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (413kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa kelas IX A MTs Muhammadiyah Srumbung Kabupaten Magelang Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun jenis penelitian ini adalah pre experimental (eksperimen semu) dengan rancangan penelitian one group pretest posttest design. Adapun teknik pengambilan sampel berdasar dengan teknik non random. Populasi dari penelitian adalah siswa kelas IX A sejumlah 22 siswa. Sedangkan sampel penelitian yang diambil sebanyak 6 siswa dengan kategori motivasi belajar rendah dan sedang. Metode pengumpulan data menggunakan instrument berupa angket motivasi belajar. Adapun uji validitas instrumen angket motivasi belajar dengan menggunakan rumusproduct moment, sedangkan uji reliabilitasnya menggunakan rumus Cronbach Alpha dengan bantuan program SPSS for Windows versi 16. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Sedangkan analisis data menggunakan statistic non parametricdengan uji Wilcoxon Signed Ranks Test dengan bantuan program SPSS for Windows versi 16. Hasil Penelitian di MTs Muhammadiyah Srumbung Kabupeten Magelang menunjukkan bahwa konseling kelompok dengan teknik self management memiliki efektifuntuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan perbedaan skor post test yang lebih tinggi dibandingkan dengan skor pre test sebelum diberikan perlakuan. Hasil analisis statictic non parametric menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks Test dengan nilai Sig 0,028< 0,05. Terdapat rata-rata peningkatan skor sebanyak 28% pada kelompok eksperimen. Hasil dari Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok dengan teknik self management efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Additional Information: Drs. H.Subiyanto, M.Pd dan Nofi Nur Yuhenita, M.Psi. (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok, Self Management, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya KIM
Date Deposited: 02 May 2019 09:35
Last Modified: 02 May 2019 09:36
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/166

Actions (login required)

View Item View Item