Husin, Ahmad (2020) MANAJEMEN PEMBIASAAN KARAKTER DENGAN KETELADANAN DI SD MUHAMMADIYAH TEMPURAN. Masters thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
17.0406.0008_BAB I, BAB II, BAB III, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
17.0406.0008_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
17.0406.0008_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
17.0406.0008_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
17.0406.0008_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (416kB) | Preview |
Abstract
Manajemen Pembiasaan Karakter dengan Keteladanan di SD Muhammadiyah Tempuran.Kesuksesan sekolah bergantung pada manajemen sekolah. Pembiasaan karakter sekolah merupakan bagian dari manajemen sekolah. Dimana mempunyai peran sentral yang dewasa ini kurang mendapat perhatian. SD Muhammadiyah Tempuran melakukan hal yang berbeda. Tujuan peneliitian ini untuk menggali lebih dalam karakteristik dan manajemen pembiasaan karakter yang dikembangkan di SD Muhammadiyah Tempuran.Pembiasaan karakter sebagai fokus penelitian ini yang ditinjau dari aspek perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang menggunakan latar belakang alamiah apa adanya, tanpa dimanipulasi sehingga tidak mementingkan hasil tetapi proses pelaksanaan. Penelitian ini bersifat deskriptif. Data dikumpulkan dengan instrumen berupa lembar observasi, lembar dokumentasi, dan panduan wawancara terhadap 1 orang kepala sekolah, 2 orang guru, 3 orang siswa, dan 3 orang tua siswa. Teknik analisis data dilakukan melalui kegiatan mereduksi (kategorisasi) data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Muhammadiyah Tempuran telah melakukan terobosan pembiasaan karakter sekolah yang bermula dari visi dan misi sekolah. Manajemen pembiasaan karakter dengan keteladanan di SD Muhammadiyah Tempuran dilihat dari fungsi-fungsinya telah berjalan dengan baik. Perencanaan dilakukan dengan mendeskripsikan alasan dilakukannya pembiasaan karakter, keyakinan dan asumsi yang mendasari, hingga tujuan dilakukukan pembiasaan dengan keteladanan yang merupakan perwujudan dari visi misi sekolah. Pengorganisasian dilakukan dengan adanya pembagian tugas yang jelas, koordinasi, dan komunikasi efektif melalui jadwal program kegiatan (harian, mingguan, bulanan, dan tahunan), pemasangan berbagai papan pajang, poster, papan pengumuman, dan jadwal kegiatan di ruang guru untuk memantau setiap kegiatan. Pelaksanaan dilakukan dengan penanaman pembiasaan karakter dilakukan dalam keseharian melalui keteladanan dan penanaman secara mendalam.Diadakan kegiatan pembinaan pembiasaan karakter dengan keteladanan bekerja sama dengan orang tua. Pengawasan dilakukan semua pihak baik kepala sekolah, guru, karyawan dan siswa. Belum ada tim khusus yang dibentuk dalam pengawasan pembiasaan karakter dengan keteladanan ini. Kegiatan koordinasi dilakukan baik bersifat formal maupun informal secara rutin dilaksanakan serta di awal tahun ajaran baru diselenggarakan rapat kerja sekolah.
Item Type: | Karya Ilmiah (Masters) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Suliswiyadi, M.Ag. dan Dr. H. Nurodin Usman, Lc. M.A. |
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Pembiasaan Karakter, Keteladanan |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 15 Oct 2020 07:39 |
Last Modified: | 15 Oct 2020 07:39 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1654 |
Actions (login required)
View Item |