MANAJEMEN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SDIT IHSANUL FIKRI KOTA MAGELANG

Septiana, Endang Siami (2020) MANAJEMEN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SDIT IHSANUL FIKRI KOTA MAGELANG. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0406.0007_BAB I, BAB II, BAB III, BAB V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
16.0406.0007_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (792kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0406.0007_FULL TEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0406.0007_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0406.0007_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (419kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian program penguatan pendidikan karakter di SDIT Ihsanul Fikri Kota Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif naturalistik. Penentuan subjek penelitian menggunakan key informan dan objek penelitian adalah masalah yang telah dirumuskan dalam rumusan masalah. Penelitian ini menggunakan tiga teknik pengumpulan data, yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data adalah daftar pertanyaan wawancara, lembar pencermatan dokumen dan lembar pengamatan observasi. Uji validitas data dengan triangulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/kualitatif dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan pada makna dari pada generalisasi. Penelitian ini tidak dimaksudkan untuk pengujian hipotesis, tetapi lebih menekankan pada pengumpulan data untuk mendeskripsikan keadaan sebenarnya. Penelitian difokuskan pada perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian program penguatan karakter religius, nasionalis, dan mandiri di SDIT Ihsanul Fikri Kota Magelang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan program penguatan pendidikan karakter di SDIT Ihsanul Fikri kota Magelang tidak berdiri sendiri tetapi menyatu dengan program sekolah. Penyusunan program dilakukan oleh tim manajemen sekolah yang terdiri dari kepala sekolah dan wakil kepala sekolah. Program yang dibuat selama 1 tahun dengan memadukan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dari dinas pendidikan dan Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT). Pengorganisasian program penguatan pendidikan karakter dilakukan oleh semua komponen pendukung pendidikan meliputi kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru dan karyawan sesuai dengan peran masing-masing. Pembagian tugas di bawah koordinir wakil kepala sekolah bidang kurikulum, kesiswaan, sarana prasarana, tata usaha dan Alqur‟an. Untuk pelaksanaan program penguatan pendidikan karakter dilakukan dalam semua kegiatan sekolah melalui kegiatan pembelajaran, pembiasaan, dan kegiatan pengembangan diri. Sedangkan pengendalian dilakukan dengan mengevaluasi dan mengadakan perbaikan oleh kepala sekolah selaku penanggung jawab program penguatan pendidikan karakter di sekolah. Berdasarkan hasil penelitian, manajemen penguatan pendidikan karakter di SDIT Ihsanul Fikri Kota Magelang sudah berjalan sesuai dengan teori yang ada.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Imam Mawardi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Penguatan Pendidikan Karakter, SDIT
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 15 Oct 2020 07:35
Last Modified: 15 Oct 2020 07:35
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1652

Actions (login required)

View Item View Item