PENGARUH TERAPI PERILAKU KOGNITIF (COGNITIVE BEHAVIORAL THERAPY) TERHADAP TINGKAT KECANDUAN GADGET PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI MEKARSARI KALIBEBER MOJOTENGAH WONOSOBO

Bunga Alamiah, Daras (2020) PENGARUH TERAPI PERILAKU KOGNITIF (COGNITIVE BEHAVIORAL THERAPY) TERHADAP TINGKAT KECANDUAN GADGET PADA ANAK SEKOLAH DASAR DI MEKARSARI KALIBEBER MOJOTENGAH WONOSOBO. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
17.0603.0083_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
17.0603.0083_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (652kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
17.0603.0083_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
17.0603.0083_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
17.0603.0083_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview

Abstract

Kemajuan teknologi adalah suatu hal yang memang tidak dapat dihindari dari kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan beriringan dengan kemampuan pengetahuan.Gadget memang sangat membantu anak dalam mengikuti perkembangan zaman. Namun anak masih belum mengetahui dampak baik dan buruk dari penggunaan gadget dan dengan penggunaan gadget mampu mengurangi minat anak dalam belajar, bermain dan bersosialisasi dengan orang di sekitarnya.Di wilayah Mekarsari Kalibeber Mojotengah Wonosobo terdapat banyak orang tua yang mengeluhkan kebiasaan anaknya bermain gadget sehingga membuat anak lupa waktu dan bahkan dirinya sendiri.Dengan skripsi ini diharapkandapat mengetahui pengaruh terapi kognitif perilaku (CBT) terhadap tingkat kecanduan gadget pada anak sekolah dasar Mekarsari Kalibeber Mojotengah Wonosobo. Desain penelitian quasi eksperiment dengan One-Group Pretest-Posttestdengan sampel penelitian 26 anak dalam kriteria inklusi. Instrumen penelitian menggunakan modul terapi kognitif perilaku dan kuesioner tingkat kecanduan gadget. Terapi kognitif perilaku yang dilakukan 5 sesi ini diarahkan untuk memodifikasi fungsi berfikir, merasa dan bertindak dengan menekan peran otak dalam menganalis, memutuskan, bertanya, berbuat dan memutuskan kembali. Dengan merubah pikiran dan perasaannya, diharapkan dapat mengubah tingkah lakunya. Berdasarkan uji t yang telah dilakukan pada data sebelum dan sesudah diterapi menunjukan thitung> ttabel (4,455 > 1,7081) atau nilai sign 2.tailed lebih kecil dari nilai kritik 0,05 (0.000 < 0,05) yang artinya terdapat pengaruh terapi kognitif perilaku terhadap tingkat kecanduan gadget. Diharapkan penerapan terapi ini dapat dilaksanakan untuk anak sekolah dengan kerja sama dengan pihak kesehatan terdekat.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Sri Margowati, M.Kep
Uncontrolled Keywords: Gadget, terapi kognitif perilaku, tingkat kecanduan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 15 Oct 2020 07:09
Last Modified: 15 Oct 2020 07:09
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1642

Actions (login required)

View Item View Item