EFEKTIFITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU SOSIAL ANAK USIA DINI

Rohani, Lasi (2019) EFEKTIFITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU SOSIAL ANAK USIA DINI. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0085 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (583kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0085 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (364kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0085 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0085 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0085 _ PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas bimbingan kelompok dengan teknik role playing untuk meningkatkan perilaku sosial anak usia dini. Penelitian dilakukan pada kelompok TPA di PAUD IT ASY-SYAFFA‟ 2 Kota Magelang T.A 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pra eksperimen dengan model pretest-posttest one group design. Subyek penelitian dipilih secara random sampling. sampel yang diambil sebanyak 10 anak untuk yang akan mendapatkan perlakuan bimbingan kelompok dengan teknik role playing. Metode pengumpulan data dilakukan dengan bantuan spss (Statistical package for the social science)versi 16.0 for windows. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis parametric Uji Paired Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing efektif untuk meningkatkan perilaku sosial anak usia dini. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan perilaku sosial anak usia dini sebelum dan setelah diberikan tindakan bimbingan kelompok. Peningkatan skor tertinggi adalah 16 atau sekitar 66 % dan skor terendah sebesar 9 atau sekitar 37%, rata-rata peningkatan skor sebesar 12,6 atau 52%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku sosial yang terbentuk adalah disiplin, tolong menolong, kerjasama, empati dan bertanggung jawab.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Prof.Dr. Muhammad Japar, M.Si.,Kons, dan Dewi Liana Sari, M.Pd, (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok teknik Role Playying, Perilaku Sosial, Anak Usia Dini
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 02 May 2019 09:31
Last Modified: 02 May 2019 09:31
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/164

Actions (login required)

View Item View Item