Amirotus Sholikhah, Nabella (2020) STRATEGI PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH TERPADU HARAPAN KOTA MAGELANG. Other thesis, Skripsi,Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
14.0401.0016_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
14.0401.0016_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (196kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
14.0401.0016_FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
14.0401.0016_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
14.0401.0016_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (245kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika pada anak berkebutuhan khusus di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Terpadu Harapan Kota Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Terpadu Harapan Kota Magelang yang berjumlah 7 siswa anak berkebutuhan khusus. Adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 7 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket dan dokumentasi, sedangkan untuk menganalisis data dilakukan dengan analisis kuantitatif dengan statistik. Untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika pada anak berkebutuhan khusus di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Terpadu Harapan Kota Magelang menggunakan bantuan program SPSS 16.0 for windows. Hasil analisis deskriptif dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) strategi pembelajaran matematika dalam kategori baik. Hal ini dapat di buktikan dengan frekuensi jawaban responden dengan nilai rata-rata 32,6. (2) prestasi belajar matematika siswa ABK dalam kategori baik. Hal ini dapat di buktikan dengan frekuensi jawaban responden dengan nilai rata-rata 29,75. (3) strategi pembelajaran matematika ada hubungan terhadap prestasi belajar matematika siswa ABK. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji korelasi kendall diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,039<0,05, nilai tersebut lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian Ha yang diajukan diterima, sedangkan Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa ada korelasi positif antara strategi pembelajaran matematika dengan prestasi belajar matematika siswa ABK di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Terpadu Harapan Kota Magelang. Berdasarkan tabel pedoman untuk memberikan interpretasi koefisien korelasi, nilai yang diperoleh sebesar 0,703 terletak antara 0,51-0,75 dapat dinyatakan bahwa antara variabel strategi pembelajaran matematika dengan prestasi belajar matematika siswa ABK adalah korelasi yang tergolong kuat, sehingga semakin baik strategi pembelajaran matematika maka prestasi belajar matematika akan semakin meningkat.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dra. Kanthi Pamugkas Sari, M.Pd. dan Irham Nugroho, M.Pd.I |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 15 Oct 2020 07:06 |
Last Modified: | 15 Oct 2020 07:06 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1637 |
Actions (login required)
View Item |