PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KARIR BAGI SISWA YANG MEMILIKI PEMAHAMAN KARIR RENDAH (Penelitian pada siswa kelas X.D Teknik Mesin SMK Purnama Tempuran Kabupaten Magelang)

Sahli, Muhammad (2020) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KARIR BAGI SISWA YANG MEMILIKI PEMAHAMAN KARIR RENDAH (Penelitian pada siswa kelas X.D Teknik Mesin SMK Purnama Tempuran Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi,Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0301.0030_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (584kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0301.0030_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (257kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0301.0030_FULLTEXT..pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0301.0030_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0301.0030_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok dengan media Audio Visual terhadap peningkatan pemahaman karir bagi siswa yang memiliki pemahaman karir rendah kelas X D teknik mesin SMK Purnama Tempuran Kabupaten Magelang . Desain penelitian ini menggunakan one group design pretest posttest. Subjek penelitian ini populasinya adalah siswa kelas X D teknik mesin SMK Purnama Tempuran. Sampel dalam penelitian ini adalah 8 siswa kelas X D teknik mesin SMK Purnama Tempuran. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket pemahaman karir. Teknik analisis data menggunakan uji-t analisis Paired Sample T test dengan bantuan program SPSS for windows versi 20.00. Kesimpulan hasil penelitian bahwa bimbingan kelompok dengan media “audio visual” berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman karir bagi siswa yang memiliki pemahaman karir rendah. Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan skor rata-rata skala pemahaman karir kelompok eksperimen. Hasil peningkatan skor pretest dan posttest skor tertinggi sebesar 33 atau (23,40%) dan terendah sebesar 5 atau (3,85%). Rata-rata pemahaman karir siswa pretest dan posttest sebesar 21,875 atau (15,74%). Semakin banyak peningkatan skor skala pemahaman karir siswa maka pemahaman karir siswa semakin meningkat. Hal ini membuktikan bahwa pengaruh bimbingan kelompok dengan media “audio visual” dapat meningkatan pemahaman karir siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Tawil, M. Pd., Kons., dan Paramita Nuraini, M.Pd., Kons
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Audio Visual, Pemahaman Karir Siswa Rendah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 15 Oct 2020 04:52
Last Modified: 15 Oct 2020 04:52
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1628

Actions (login required)

View Item View Item