PENGARUH KONSELING KELOMPOK MELALUI PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY DENGAN TEKNIK REFRAMING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DI SEKOLAH (Penelitian pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 1 Kaloran, Temanggung)

Mahfudh, Husaeni (2020) PENGARUH KONSELING KELOMPOK MELALUI PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY DENGAN TEKNIK REFRAMING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DI SEKOLAH (Penelitian pada Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 1 Kaloran, Temanggung). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0031_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (660kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0031_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0031_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0031_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0031_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (367kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh konseling kelompok dengan teknik Reframing untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kaloran Temanggung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperiment dengan desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest posttest design. Subjek penelitian dipilih secara Purposive sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 8 siswa sebagai kelas eksperimen. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah Skala motivasi belajar siswa. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis parametric yaitu uji Paired sample t-test dan Independent sample t-test dengan bantuan program SPSS 22.0 for windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa konseling kelompok dengan teknik Reframing berpengaruh untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, hal ini dibuktikan dengan hasil uji Paired sample t test kelompok eksperimen dengan probabilitas Sig. (2-tailed) 0,000< 0,05. Berdasarkan analisis rata-rata perubahan meningkat sebesar 26,2% yang termasuk kategori tinggi.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Arie Supriyatno dan M.Si Sugiyadi, M.Pd. Kons
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok, Token Reframing, Motivasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 15 Oct 2020 04:36
Last Modified: 15 Oct 2020 04:36
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1625

Actions (login required)

View Item View Item