PENERAPAN KONSELING KELOMPOK CBT (Cognitive Behaviour Therapy) MELALUI TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF UNTUK MEREDUKSI PERILAKU TERLAMBAT SEKOLAH (Penelitian pada Siswa kelas XI SMA Negeri 1 Candimulyo Kabupaten Magelang)

Fauzi, Nurman (2020) PENERAPAN KONSELING KELOMPOK CBT (Cognitive Behaviour Therapy) MELALUI TEKNIK RESTRUKTURISASI KOGNITIF UNTUK MEREDUKSI PERILAKU TERLAMBAT SEKOLAH (Penelitian pada Siswa kelas XI SMA Negeri 1 Candimulyo Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0056_BAB I _BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (663kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0056_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (290kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0056_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0056_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0056_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (345kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan layanan konseling kelompok pendekatan CBT dengan teknik restrukturisasi kognitif untuk mereduksi perilaku terlambat sekolah. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Candimulyo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK) melalui 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 14 siswa.Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif dengan cara membandingkan antara data pra siklus, siklus 1, dan siklus 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian teknik restrukturisasi kognitif mampu mereduksi perilaku terlambat sekolah dengan penghitungan frekuensi dan skor aspek/indikator perilaku terlambat sekolah pada saat pra siklus masih tinggi, dan setelah diadakan 2 siklus frekuensi perilaku terlambat sekolah berhasil direduksi sebesar 53,5 %, dan skor aspek/indikator perilaku terlambat sekolah berhasil direduksi sebesar 24,8 % . Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok CBT dengan teknik restrukturisasi kognitif dapat mereduksi perilaku terlambat sekolah pada siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Prof. Dr. M. Japar M.Si.,Kons dan Drs. Arie Supriyatno, M.Si.
Uncontrolled Keywords: konseling kelompok, teknik restrukturisasi kognitif, perilaku terlambat sekolah
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 15 Oct 2020 04:25
Last Modified: 15 Oct 2020 04:25
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1621

Actions (login required)

View Item View Item