Ayu Septina, Rachma (2020) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF TALK DAN SELF INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN REGULASI DIRI SISWA ( Penelitian pada Siswa Kelas VIII SMP Mutual Kota Magelang ). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
15.0301.0046_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (580kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
15.0301.0046_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (273kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0301.0046_FULL TEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0301.0046_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
15.0301.0046_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (295kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektifitas konseling kelompok dengan teknik self talk dan self instruction untuk meningkatkan regulasi diri siswa. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Mutual Kota Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen murni dengan model Pretest-Posttest Comparison Group Design. Subjek penelitian dipilih secara random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 16 orang siswa terdiri dari 8 siswa sebagai kelompok eksperimen 1 yang diberi perlakuan teknik self talk dan 8 siswa sebagai kelompok eksperimen 2 yang diberi perlakuan teknik self instruction. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket regulasi diri. Teknik analisis data menggunakan ANOVA (Analysis of Variance) dengan bantuan program SPSS for Windows versi 24.00. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konseling kelompok dengan teknik self talk dan self instruction efektif meningkatkan regulasi diri siswa. Hal ini dibuktikan adanya perbedaan peningkatan regulasi diri siswa antara kelompok eksperimen 1 dan kelompok eksperimen 2. Hasil uji Statistic Parametric One Way Anova menunjukan p=0,001<0,05, hasil probabilitas menunjukan kurang dari 0,05 maka Ho ditolak. Hasil penelitian juga menunjukan perbedaan persentase peningkatan skor posttest kelompok eksperimen 1 (40,19%) dan skor posttest kelompok eksperimen 2 (32,86%). Hasil tersebut menunjukan bahwa konseling kelompok dengan teknik self talk lebih efektif meningkatkan regulasi diri siswa dibandingkan dengan konseling kelompok dengan teknik self instruction.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Prof. Dr. Muhammad Japar, M.Si.,Kons. dan Hijrah Eko Putro, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | konseling kelompok, teknik self talk, teknik self instruction, regulasi diri |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 15 Oct 2020 04:21 |
Last Modified: | 15 Oct 2020 04:21 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1620 |
Actions (login required)
View Item |