KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK COGNITIVE BEHAVIORAL THERAPY BERBASIS CINEMATHERAPY UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PROSOSIAL SISWA

Hastutiningsih, Dwi Utami (2019) KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK COGNITIVE BEHAVIORAL THERAPY BERBASIS CINEMATHERAPY UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PROSOSIAL SISWA. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0074 _BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (749kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0074 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0074 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0074 _FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0074 _ PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (163kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan konseling kelompok Cognitive Behavioral Therapy berbasis Cinematherapy untuk meningkatkan SIKAP prososial siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Kutoarjo. Penelitian ini merupakan rancangan penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimental Design) dengan model Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian dipilih secara purposive sampling. Sampel yang diambil sebanyak 16 orang siswa terdiri dari 8 siswa kelompok eksperimen dan 8 siswa kelompok kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan angket sikap prososial dan wawancara. Uji validitas instrumen angket sikap prososial dengan menggunakan rumus product momet sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha dengan bantuan SPSS for Windows versi 23.0. Analisis data menggunakan teknik Statistic non Parametric dengan uji Mann Whitney dibantu program SPSS for Windows versi 23.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konseling kelompok Cognitive Behavioral Therapy berbasis Cinematherapy efektif untuk meningkatkan sikap prososial siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis Uji Wilcoxon pada kelompok eksperimen dengan probabilitas asymp. Sig. (2-tailed) 0,012 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata angket SIKAP prososial antara kelompok eksperimen sebesar 33,40 dan kelompok kontrol sebesar -0,25. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan konseling kelompok Cognitive Behavioral Therapy berbasis Cinematherapy efektif untuk meningkatkan sikap prososial siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Prof. Dr. Muhammad Japar M.Si., Kons., dan Sugiyadi M.Pd., Kons. (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok Cognitive Behavioral Therapy, Cinematherapy, Sikap Proosial.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 02 May 2019 09:23
Last Modified: 02 May 2019 09:23
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/162

Actions (login required)

View Item View Item