Wahyuning, Septiananda (2020) PENGARUH KONSELING KELOMPOK HUMANISTIK DENGAN TEKNIK EXPERIENTIAL LEARNING DAN CLIENT CENTERED UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA (Penelitian pada Siswa SMP Negeri 2 Mertoyudan Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
15.0301.0039_BAB I_BAB II _BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (659kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
15.0301.0039_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (308kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0301.0039_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0301.0039_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
15.0301.0039_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (489kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh konseling kelompok humanistik dengan teknik experiential learning dan client centered untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen murni mengunakan Pretest- Post test Comparison Group Design. Subjek penelitian dipilih secara acak. Sampel yang diambil sebanyak 12 siswa terdiri dari 6 siswa kelompok eksperimen dengan teknik experiential learning dan 6 siswa kelompok eksperimen dengan teknik client centered. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket percaya diri. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan analisis Statistic Parametric One Way Anova dengan bantuan SPSS For Windows versi 24. Hasil penelitian menunjukan bahwa konseling kelompok humanistik dengan teknik experiential learning dan client centered berpengaruh untuk meningkatkan kepercayaan diri Hal ini dibuktikan dari hasil uji Statistic Parametric One Way Anova dengan probabilitas nilai sig. (2-tailed) 0,001<0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata angket percaya diri antara kelompok eksperimen dengan teknik experiential learning sebesar 43,38% dan kelompok eksperimen dengan teknik client centered sebesar 30,22%. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan penggunaan konseling kelompok humanistik dengan teknik experiential learning lebih berpengaruh untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dibandingkan dengan teknik client centered.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Prof. Dr. Muhammad Japar, M.Si., Kons dan Paramita Nuraeni, M.Pd., Kons. |
Uncontrolled Keywords: | experiential learning, client centered, dan kepercayaan diri |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 15 Oct 2020 04:19 |
Last Modified: | 15 Oct 2020 04:19 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1619 |
Actions (login required)
View Item |