PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) (Penelitian pada Siswa Kelas IV SD Negeri Pejengkolan Kabupaten Kebumen)

Setiyono, Budi (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) (Penelitian pada Siswa Kelas IV SD Negeri Pejengkolan Kabupaten Kebumen). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0103_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (978kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0103_BAB IV..pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0103_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0103_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0103_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (392kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui pembelajaran Contextual Theaching and Learning (CTL) di SD Negeri Pejengkolan Kabupaten Kebumen. Desain penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus dimana setiap siklusnya terdiri atas 2 pertemuan. Subjek penelitian adalah kelas IV yang berjumlah 17 siswa. Variabel terikat dalam penelitian terdiri dari hasil belajar IPA dan variabel bebas pembelajaran Contextual Theaching and Learning (CTL). Metode pengumpulan data menggunakan tes, wawancara dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Hasil Penelitian menunjukan bahwa (1) penggunaan model pembelajaran Contextual Theacing and Learning (CTL) dapat dilaksanakan melalui langkahlangkah: konstruktivisme, bertanya, menemukan, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, penilaian sebenarnya. (2) penggunaan model pembelajaran Contextual Theacing and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV materi sifat-sifat cahaya. Hasil peningkatan mulai dari pratindakan dengan rata-rata nilai 60,29 dengan yang tuntas 3 anak, sedangkan siklus I rata-rata nilai 69,30 dengan yang tuntas 10 anak dan siklus II rata –rata nilai 78,64 dengan yang tuntas 15 anak. Simpulan penelitian ini menunjukan bahwa penerapan pembelajaran melalui Contextual Theaching and Learning (CTL) di SDN Pejengkolan Kabupaten Kebumen dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Pejengkolan materi sifat-sifat cahaya.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Arie Supriyatna, M.Si., dan Rasidi, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPA, Contextual Teaching and Learning (CTL
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 15 Oct 2020 04:08
Last Modified: 15 Oct 2020 04:08
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1617

Actions (login required)

View Item View Item