PENGARUH BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL (Penelitian Di Kelompok Bermain Aisyiyah Kaliabu Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang)

TRI SEKAR ARUM, NOVIA (2020) PENGARUH BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL (Penelitian Di Kelompok Bermain Aisyiyah Kaliabu Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0304.0005_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (652kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0304.0005_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0304.0005_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0304.0005_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0304.0005_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (361kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain peran untuk meningkatkan keterampilan sosial anak pada siswa kelompok usia 3-4 tahun di Kelompok Bermain Aisyiyah Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang. Model penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan desain pre-eksperimen dengan jenis One-Group Pretest-Posttes Design dan variabel dependennya Keterampilan Sosial Anak serta Varibel independennya adalah bermain peran. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik total sampling yakni total seluruh siswa kelompok usia 3-4 tahun pada Kelompok Bermain Aisyiyah 15 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan Lembar Kuesioner (angket) yang diisi oleh guru dengan menggunakan model Preschool & Kindergarten Behavioral Scale. Uji analisis data menggunakan teknik non parametrik dan analisis Uji Peringkat Bertanda wilcoxon dengan bantuan komputer software SPSS 23.0 for Windows. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bermain peran berpengaruh positif terhadap keterampilan sosial. Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan hasil keterampilan sosial anak sebelum dan setelah diberikan perlakuan berupa bermain peran. Pada pengukuran awal diperoleh nilai minimal 52, nilai maksimal 81, mean 69,80 dan standar deviasi sebesar 8,962. Selanjutnya pada pengukuran akhir diperoleh nilai minimum 95, dan nilai maksimum 120, mean 109,13 dan standar deviasi sebesar 6,865. Yang memberikan pengertian bahwa ada peningkatan antara pengukuran awal (pretest) dan pengukuran akhir (posttest). Berdasarkan hasil uji beda peningkatan score keterampilan sosial anak antara pengukuran awal (prestest) dan pengukuran akhir (posttest) diperoleh hasil Z sebesar -3,409 dengan asymp sig (2 Tailed) adalah 0,001 < 0,05, yang berarti bahwa terdapat perbedaan keterampilan sosial anak sebelum pengukuran awal (pretest) dengan sesudah pengukuran akhir (posttest) secara signifikan. Sehingga dalam penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh bermain peran terhadap keterampilan sosial anak.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Hermahayu, M.Si. dan Astiwi Kurniati, S.Pd., M.Psi
Uncontrolled Keywords: bermain peran, keterampilan sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 15 Oct 2020 03:44
Last Modified: 15 Oct 2020 03:44
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1614

Actions (login required)

View Item View Item