PENINGKATAN LITERASI BAHASA INDONESIA TENTANG MENULIS NARASI MELALUI PEMBELAJARAN BRAINSTORMING (Penelitian pada Siswa Kelas V SD Negeri Ketawang I, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang)

Sugiarto, Adip (2020) PENINGKATAN LITERASI BAHASA INDONESIA TENTANG MENULIS NARASI MELALUI PEMBELAJARAN BRAINSTORMING (Penelitian pada Siswa Kelas V SD Negeri Ketawang I, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0165_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (986kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0165_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (398kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0165_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0165_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0165_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (657kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SD Negeri Ketawang 1 Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang melalui peningkatan literasi Bahasa Indonesia tentang menulis narasi melalui pembelajaran Brainstorming. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas V SD Negeri ketawang 1 Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang yang berjumlah 22 siswa. Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus dengan menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas melalui 4 tahapan yaitu rencana, pelaksanaan observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi siswa dan tes. Data penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif untuk menganalisis hasil observasi sedangkan deskriptif kuantitatif untuk menganalisis hasil penilaian menulis karangan narasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan literasi Bahasa Indonesia tentang menulis narasi melalui pembelajaran Brainstorming dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SD Negeri Ketawang 1 Kecamata Grabag, Kabupaten Magelang. Peningkatan keterampilan menulis siswa dapat terlihat dari meningkatnya proses pembelajaran. Hal ini ditunjukkan dengan siswa menjadi lebih aktif dalam mencari informasi dan mengemukakan pendapat untuk bekal menulis karangan narasi. Siswa dapat membuat karangan narasi dengan baik. Siswa juga menjadi lebih berani membacakan hasil karangan di depan kelas, sehingga tercipta pembelajaran yang aktif, kreatif dan menyenangkan. Peningkatan nilai rata-rata keterampilan menulis karangan narasi pada kondisi awal sebesar 61,409% pada siklus I meningkat menjadi 69,14%. Pada siklus II, nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan menjadi 76,4%. Peningkatan siswa yang mencapai kriteria ketuntasan pada siklus sebesar 23%, siklus I 50%, sedangkan pada siklus II meningkat sebesar 86%.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Prof. Dr. Purwanti, MS.Kons.dan Rasidi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran brainstorming, literasi bahasa indonesia menulis narasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 15 Oct 2020 03:32
Last Modified: 15 Oct 2020 03:32
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1612

Actions (login required)

View Item View Item