PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIMA PANDAWA UNTUK PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP WAYANG PADA SISWA (Penelitian Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Kelas IV Sriwedari 2 Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang)

Kalingga Astriyanto, Febri (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BIMA PANDAWA UNTUK PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP WAYANG PADA SISWA (Penelitian Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Kelas IV Sriwedari 2 Kecamatan Salaman Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0186_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (866kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0186_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (578kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0186_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
16.0305.0186_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
16.0305.0186_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (511kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan (1) karakteristik, (2) kevalidan dan (3) keefektifan media pembelajaran BIMA PANDAWA. Penelitian dilakukan pada siswa kelas IV SDN Sriwedari 1 & 2. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and development, desain penelitian yang mengacu Borg and Gall yang terdiri dari 10 langkah. Sehingga desain penelitian ini terdiri dari pleminary study, develop preliminary model, pleminary field testing, main product revision, main fielding testing, operational product, operasional product revision, operational field testing final product revision dan diseminasi and implementation. Namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap ke delapan dengan dasar pada pernyataan Borg and Gall tertuang dalam Emzir (2013 :217) yang menyatakan bahwa penelitian dalam rangka syarat kelulusan disarankan untuk membatasi penelitian dan pengembangan dalam skala kecil. Hasil penelitian ini menunjukan media pembelajaran BIMA PANDAWA valid, layak dan efektif digunakan. Hal ini dibuktikan dari hasil kevalidan yang dinilai oleh validasi ahli untuk media pembelajaran dari aspek materi 90% (sangat valid), validasi untuk media dari aspek desain mendapat skor 87,2 % (sangat valid) dan validasi perangkat pendukung pembelajaran mendapatkan skor rata – rata 90% (sangat valid). Hasil analisis uji Anova posttest pada kelas eksperimen dan kontrol memiliki sig. 0,002 < 0,05 sehingga terdapat perbedaan yang siginfikan.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Purwati M.S,Kons dan Galih Istiningsih, M.Pd
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran BIMA PANDAWA, pemahaman wayang.
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 15 Oct 2020 03:16
Last Modified: 15 Oct 2020 03:16
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1610

Actions (login required)

View Item View Item