EFEKTIFITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK PSIKODRAMA UNTUK MENGURANGI PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA

Muhlisin, Muhlisin (2019) EFEKTIFITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK PSIKODRAMA UNTUK MENGURANGI PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0067 _ BAB I _ BAB II _ BBA III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0067 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (415kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0067 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0067 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0067 _ PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (367kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Konseling kelompok dengan teknik Psikodrama untuk mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 10 Kota Magelang T.A 2018/2019. Pra Eksperimen merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini, desain penelitian yang digunakan ialah “pretest posttest one group design”. desain tersebut merupakan desain eksperimen yang hanya menggunakan satu kelompok sampel dengan jumlah anggota yang diambil sebanyak 8 siswa, serta melakukan pengukuran sebelum dan sesudah pemberian perlakuan pada sampel. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling.Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan analisis non parametric menggunakan uji Wilcoxon dengan bantuan program SPSS for windows versi 20.00. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa konseling kelompok dengan teknik psikodrama ini berpengaruh untuk mengurangi prokrastinasi akademik siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil negative ranks adalah 36,00 dan untuk hasil positive ranks adalah 0,00 dengan demikian nomor urut dengan jumlah terkecil atau W hitung = 0. Hal tersebut menunjukan adanya penurunan perilaku prokrastinasi siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan, maka hipotesis yang didapatkan yaitu adanya pengaruh konseling kelompok dengan teknik psikodrama untuk menurunkan perilaku prokrastinasi akademik siswa. Berdasarkan teknik two related sample untuk memperkuat Ha, hasilnya pengujian hipotesis dapat dilihat hasil analisis tersebut menunjukan bahwa nilai Asymp Sig (2- tailed) adalah 0,012 penguji hipotesis berdasarkan tabel diatas yaitu masuk pada kriteria nilai Asymp Sig (2- tailed) < 0,05 maka H0 ditolak, Ha diterima. Dan adanya perbedaan skor rata-rata dari hasil pre-test sebesar 163,88 denagan rata-rata hasil post-test sebesar 122,25 yang artinya hasil tersebut menujukan bahwa pemberian perlakuan berupa konseling kelompok dengan teknik psikodrama berpengaruh untuk menurunkan prilaku prokrastinasi akademik siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Purwati, MS.,Kons. dan Hijrah Eko Putro, M.Pd. (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok, Psikodrama, Prokrastinasi Akademik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 02 May 2019 09:18
Last Modified: 02 May 2019 09:18
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/161

Actions (login required)

View Item View Item