PENGARUH MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA PAPIALO TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA (Penelitian pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Gandurejo Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung)

NURVITA SARASWATI, LIA (2020) PENGARUH MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA PAPIALO TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS AKSARA JAWA (Penelitian pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Gandurejo Kecamatan Bulu, Kabupaten Temanggung). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0141_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (972kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0141_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (367kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0141_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0141_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0141_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (344kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model Think Pair Share berbantuan media PAPIALO terhadap keterampilan menulis aksara Jawa siswa kelas IV SD Negeri 1 Gandurejo Kecamatan Bulu Kabupaten Temanggung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan menggunakan desain Non-equivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh, karena jumlah siswa pada satu kelas kurang dari 30 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes dan unjuk kerja. Uji validitas instrumen tes dan obsevasi menggunakan rumus product moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha dengan bantuan SPSS for windows versi 22. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas. Analisis data menggunakan teknik statistik parametrik yaitu uji hipotesis one way anova dengan bantuan SPSS for windows versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share berpengaruh positif terhadap keterampilan menulis aksara Jawa pada siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis uji one way anova pada kelas eksperimen yang mana pada tes memiliki probabilitas nilai sig 0,05, = 41.628 > (3;84) sebesar 2,71. Sedangkan pada hasil unjuk kerja diperoleh probabilitas nilai sig 0,05 = 50.400 > (3;84) sebesar 2,71. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan nilai tes dan unjuk kerja antara kelompok ekperimen memiliki nilai tes 86,7 dan kelompok kontrol sebesar 82,6. Sedangkan pada unjuk kerja kelompok eksperimen memiliki nilai 81,1 dan pada kelompok kontrol memiliki nilai 79,7. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Think Pair Share berbantuan media PAPIALO berpengaruh positif terhadap keterampilan menulis aksara Jawa pada siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Indiati, M.Pd dan Galih Istiningsih, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Think Pair Share berbantuaan Media PAPIALO, Keterampilan Menulis Aksara Jawa
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 15 Oct 2020 03:13
Last Modified: 15 Oct 2020 03:13
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1609

Actions (login required)

View Item View Item