PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA (Penelitian Pada Siswa Kelas III SDN Gondoriyo TA 2018/2019)

Mita Kusumawardani, Annisa (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA (Penelitian Pada Siswa Kelas III SDN Gondoriyo TA 2018/2019). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0102_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0102_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (387kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0102_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0102_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0102_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (450kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan model pembelajaran student team achievement divisions terhadap hasil belajar siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Gondoriyo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment), dengan model Nonequivalent Conrol Group Design. Sampel yang di ambil sebanyak 56 siswa yang terdiri dari 28 kelompok eksperimen dan 28 kelompok kontrol. Pengumpulan data menggunakan metode tes. Tes ini digunakan untuk menguji sejauh mana siswa mengalami perubahan hasil belajar sebelum dan sesudah mengambil treatment. Teknik analisis data menggunakan uji one way anova dengan program SPSS 16 yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat berupa uji normalitas dan kesamaan dua varians (homogenitas) dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan model Student Team Achievement Divisions. Perbedaan signifikan antara selisih nilai rata-rata posttest kedua kelas yaitu 5,6 dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 65,7 dan kelas kontrol 60,1, serta hasil anova mempunyai nilai signifikansi 0,001, sehingga penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Student Team Achievement Divisions. dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas III Sekolah Dasar Negeri Gondoriyo.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Prof.Dr. Muhammad Japar, M.Si.,Kons dan Arif Wiyat Purnanto, M.Pd
Uncontrolled Keywords: model STAD, hasil belajar, matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 15 Oct 2020 03:10
Last Modified: 15 Oct 2020 03:10
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1607

Actions (login required)

View Item View Item