Noor Chasanah, Eny (2020) PENGARUH METODE MIND MAPPING BERBANTUAN KOTAK MISTERI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Penelitian pada Siswa Kelas IV SD Negeri Blondo 3, Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0084_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0084_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (451kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0084_Fulltext_.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0084_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0084_Pernyataan Publikasi.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (490kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode mind mapping berbantuan kotak misteri terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Blondo 3 Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan desain penelitian One Group Pretest – Posttest Design. Subjek penelitian dipilih secara purposive sampling. Sampel yang diambil sebanyak 20 orang siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi kemampuan berpikir kritis. Uji validitas instrumen lembar observasi kemampuan berpikir kritis dengan menggunakan rumus product moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach’s alpha dengan bantuan program SPSS for Windows versi 22.00. Analisis data menggunakan teknik statistik yaitu uji Wilcoxon Test dengan bantuan program SPSS for Windows versi 22.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode mind mapping berbantuan kotak misteri berpengaruh terhadap kemampuan berpikir siswa. Hal ini dibuktikan dengan, sebelum diberikan tindakan dengan metode mind mapping berbantuan kotak misteri, skor rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 26,45 dan setelah diberikan tindakan skor rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa meningkat menjadi 45,05. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode mind mapping berbantuan kotak misteri berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Hermahayu, M.Si. dan Tria Mardiana, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | metode mind mapping, kemampuan berpikir kritis |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 15 Oct 2020 03:08 |
Last Modified: | 15 Oct 2020 03:08 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1606 |
Actions (login required)
View Item |