PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTU KARTU BERPASANGAN TERHADAP SIKAP KERJASAMA SISWA (Penelitian pada Siswa Kelas IV SD Negeri Keji 1 Muntilan Kabupaten Magelang)

Marcellia, Ranie (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH BERBANTU KARTU BERPASANGAN TERHADAP SIKAP KERJASAMA SISWA (Penelitian pada Siswa Kelas IV SD Negeri Keji 1 Muntilan Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0159_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (790kB) | Preview
[img] PDF (skripsi)
15.0305.0159_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[img] PDF (skripsi)
15.0305.0159_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (skripsi)
15.0305.0159_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (skripsi)
15.0305.0159_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (340kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantu kartu berpasangan terhadap sikap kerjasama siswa pada pembelajaran tematik siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Keji 1 Muntilan Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian pre eksperimental dengan desain One Group Pretest-Posttest. Subjek penelitian dipilih menggunakan teknik sampling jenuh pada siswa kelas IV yang terdiri dari 24 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi sikap kerjasama siswa. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan teknik statistik parametrik yaitu uji Paired Sample t-test dengan bantuan program SPSS for windows versi 23.00. Berdasarkan dari analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata lembar observasi sikap kerjasama siswa antara sebelum dan setelah diberikan perlakuan sebesar 7,67. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis Uji Paired Sample ttest dengan probabilitas nilai sig (2-tailed) 0,000< 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe make a match berbantu kartu berpasangan berpengaruh positif terhadap sikap kerjasama siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Arie Supriyatna, M.Si dan Arif Wiyat Purnanto, M.Pd
Uncontrolled Keywords: model kooperatif tipe make a match, kartu berpasangan, sikap kerjasama siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 15 Oct 2020 02:50
Last Modified: 15 Oct 2020 02:50
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1604

Actions (login required)

View Item View Item