PENGARUH PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DENGAN MEDIA CERITA BERGAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN (Penelitian pada Siswa Kelas III SD Negeri Ketawang 1 Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang

Hasan Mustofa, Muhammad (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DENGAN MEDIA CERITA BERGAMBAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN (Penelitian pada Siswa Kelas III SD Negeri Ketawang 1 Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0194_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (776kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0194_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (396kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0194_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0194_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0194_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (459kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Think Talk Write dengan media cerita bergambar terhadap keterampilan menulis karangan pada Siswa kelas III SD Negeri Ketawang 1 kecamatan Grabag Kabupaten Magelang. Jenis penelitian Pre-Experimental dengan desain one grup pretest-posttest. Pembelajaran Think Talk Write dengan media cerita bergambar terhadap keterampilan menulis karangan pada siswa kelas III SD Negeri Ketawang 1 berjumlah 22 siswa . Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Pengambilan data melalui soal tes kemudian dianalisis menggunakan uji Wilcoxon dengan bantuan IBM SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Think Talk Write dengan media cerita bergambar berpengaruh terhadap keterampilan menulis karangan siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis uji Wilcoxon signed rank test dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05 dan Z skor sebesar -4,178. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata tes menulis karangan yaitu pengukuran awal (pretest) 49 dan pengukuran akhir (posttest) 78. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Think Talk Write dengan media cerita bergambar berpengaruh terhadap keterampilan menulis karangan siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Prof. Dr. Purwati, M.S.,Kons. dan Rasidi, M.Pd
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis karangan, pembelajaran think talk write, media cerita bergambar
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 15 Oct 2020 02:38
Last Modified: 15 Oct 2020 02:38
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1601

Actions (login required)

View Item View Item