PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) ( Penelitian pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Kapencar Kecamatan Kertek Kabupaten Wonosobo )

Arfinasih, Indah (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) ( Penelitian pada Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Kapencar Kecamatan Kertek Kabupaten Wonosobo ). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0214_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (892kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0214_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (490kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0214_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0214_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0214_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (78kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui model pembelajaran Project Based Learning pada siswa kelas IV SDN 1 Kapencar Kecamatan Kertek Kabupaten Wonosobo. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan model siklus yang dilakukan secara berulang dan berkelanjutan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 36 siswa dan objek penelitian adalah pembelajaran IPS. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan dua siklus yang teridiri dari 3 pertemuan setiap siklusnya. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes. Teknis analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dari pretest hingga posttest yaitu sebesar 55,55%. Peningkatan hasil belajar affektif dan psikomotor juga dapat dilihat dari bertambahnya motivasi belajar, keaktivan dan kerja sama siswa dalam berkelompok. Penerapan model pembelajaran Project Based Learning memberikan dampak positif pada ketuntasan nilai khususnya ranah kognitif siswa. Nilai rata-rata pada data awal siswa adalah 72,27 yang diperoleh oleh 11 siswa dengan memiliki ketuntasan sebesar 30,56%. Pada siklus pertama nilai rata-rata meningkat menjadi 76,27 dengan ketuntasan 61,11%. Kemudian pada siklus kedua nilai rata-rata siswa mencapai 77,64 dengan ketuntasan siswa mencapai 86,11%. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Project Based Learning memberi dampak positif dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Ari Suryawan, M.Pd.dan Septiyati Purwandari, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Project Based Learning, Hasil belajar IPS
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 15 Oct 2020 02:30
Last Modified: 15 Oct 2020 02:30
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1598

Actions (login required)

View Item View Item