PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SOSIODRAMA TERHADAP SIKAP PERCAYA DIRI DAN KOMUNIKASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA (Penelitian Pada Siswa Kelas V di SDN Kalinegoro 2 TA 2019/2020)

Putri Utami, Heni (2020) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SOSIODRAMA TERHADAP SIKAP PERCAYA DIRI DAN KOMUNIKASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA (Penelitian Pada Siswa Kelas V di SDN Kalinegoro 2 TA 2019/2020). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0022_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (928kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0022_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0022_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0022_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0022_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode sosiodrama terhadap sikap percaya diri dan komunikasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas V Sekolah Dasar Negeri Kalinegoro 2, kecamatan Mertoyudan, Kabupaten Magelang Tahun pelajaran 2019/2020. Metode penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen. Jenis penelitian eksperimen dengan desain Pre-Experimental Designs, khususnya pola One Group Pre Test -Post Test Design. Penelitian dilaksanakan pada bulan September 2019-Januari 2020. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V dengan jumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket percaya diri dan komunikasi, kemudian dianalisis menggunakan Uji Non Parametrik dengan Uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran sosiodrama berpengaruh terhadap sikap percaya diri dan komunikasi siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata posttest dibandingkan nilai rata-rata pretest. Uji hipotesis diperoleh Asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran sosiodrama berpengaruh terhadap percaya diri dan komunikasi siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Subiyanto, M.Pd. dan Rasidi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Percaya diri, Komunikasi , Sosiodrama
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 15 Oct 2020 02:17
Last Modified: 15 Oct 2020 02:17
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1596

Actions (login required)

View Item View Item