EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian pada Siswa kelas V SDIT Alam Zaid Bin Tsabit II Kabupaten Magelang)

Cahyono, Cahyono (2020) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENTS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (Penelitian pada Siswa kelas V SDIT Alam Zaid Bin Tsabit II Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0056_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (841kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0056_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0056_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0056_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0056_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (382kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SDIT Alam Zaid Bin Tsabit II Magelang tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan tiga pertemuan pada setiap siklusnya. Setiap siklus dilalui dengan empat tahapan, yaitu: (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi tindakan; dan (4) refleksi tindakan. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDIT Alam Zaid Bin Tsabit II Magelang tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 13 siswa perempuan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Instrumen penelitian pada penelitian ini menggunakan lembar observasi dan lembar soal tes kognitif. Metode analisis data pada penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa kelas V dari 57% menjadi 79%. dan terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar matematika siswa kelas V dari 67,3 meningkat menjadi 76,5 dengan presentase ketuntasan sebesar 69%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) efektif meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDIT Alam Zaid Bin Tsabit II Magelang tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Tawil, M.Pd.,Kons. dan Tria Mardiana,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Teams Games Tournament (TGT), Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 15 Oct 2020 02:15
Last Modified: 15 Oct 2020 02:15
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1595

Actions (login required)

View Item View Item