PENGARUH PEMBELAJARAN SAS (STRUKTURAL ANALISIS SINTETIK) DENGAN MEDIA BONHU TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN SISWA (Penelitian pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Pager Bateh Kecamatan Candimulyo Kabupaten Magelang)

Wulan Pamungkas, Enggar (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN SAS (STRUKTURAL ANALISIS SINTETIK) DENGAN MEDIA BONHU TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN SISWA (Penelitian pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Pager Bateh Kecamatan Candimulyo Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0004_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (802kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0004_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0004_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0305.0004_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0305.0004_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (378kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran SAS (struktural analisis sintetik) dengan media Bonhu terhadap keterampilan menulis permulaan siswa kelas 1 Sekolah Dasar Negeri Pager Bateh. Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi experimental design. Tipe one group pretest – posttest. Subjek penelitian dipilih menggunakan sampling jenuh, sebanyak 15 siswa. Instrument penelitian berupa tes tertulis yang berjumlah 8 soal. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes. Analisis data menggunakan teknik statistik nonparametrik yaitu Uji-Bertanda Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan menulis permulaan menggunakan metode SAS dengan media Bonhu. Pada pengukuran awal diperoleh skor pengukuran awal rata-rata 39 nilai minimal 8 dan nilai maksimal 67 . Setelah dilakukan pengukuran dengan menerapkan metode SAS dan media Bonhu dan diberikan pengukuran kembali diperoleh rata-rata sebesar 82 nilai minimal 67 dan nilai tertinggi 91 . Uji hipotesis diperoleh nilai Asymp. Sig (2-tailed) bernilai 0.001<0.05 dan Z skor sebesar -3.410 sehingga hipotesis diterima. Kesimpulannya bahwa “Metode SAS dengan media Bonhu terhadap keterampilan menulis permulaan siswa kelas 1 di Sekolah Dasar Negeri Pager Bateh dapat diterima dan terbukti kebenarannya.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Hermahayu, M. Si dan Ari Suryawan, M.Pd
Uncontrolled Keywords: metode SAS, media bonhu, keterampilan menulis permulaan
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 15 Oct 2020 02:07
Last Modified: 15 Oct 2020 02:07
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1590

Actions (login required)

View Item View Item