EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK AVERSI COVERT SENSITIZATION TERHADAP PENINGKATAN KEDISIPLINAN SISWA (Penelitian pada Siswa Kelas X B SMK Purnama Tempuran Kabupaten Magelang)

Wibowo, Eko (2020) EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK AVERSI COVERT SENSITIZATION TERHADAP PENINGKATAN KEDISIPLINAN SISWA (Penelitian pada Siswa Kelas X B SMK Purnama Tempuran Kabupaten Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0301.0061_BAB I_BAB II_BAB II_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (586kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0301.0061_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0301.0061 Full Text.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0301.0061_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0301.0061_Pernyataan Publikasi.pdf - Published Version

Download (389kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik aversi covert sensitization untuk meningkatkan kedisiplinan siswa bagi yang memiliki kedisiplinan siswa rendah. Penelitian dilakukan pada siswa kelas X B SMK Purnama Tempuran Kabupaten Magelang. Tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan one group design pretest posttest. Subjek penelitian dipilih secara purposiv sampling. Sampel yang diambil sebanyak 8 siswa yaitu siswa masuk dalam kelompok eksperimen. Pengumpulan data menggunakan observasi dan angket peningkatan kedisiplinan siswa. Teknik analisis data menggunakan uji-t analisis Paired Sample T test dengan dengan bantuan program SPSS for windows versi 20.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok teknik aversi covert sensitization berpengaruh untuk meningkatkan kedisiplinan siswa bagi siswa yang memiliki kedisiplinan siswa rendah. Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan skor rata-rata skala kedisiplinan siswa kelompok eksperimen. Hasil peningkatan skor pretest dan posttest skor tertinggi sebesar 73 atau (48,99%) dan terendah sebesar 48 atau (36,09%). Rata-rata pemahaman kedisiplinan siswa pretest dan posttest sebesar 58,25 atau (41,10%). Semakin banyak peningkatan skor skala kedisiplinan siswa maka peningkatan kedisiplinan siswa semakin meningkat. Hal ini membuktikan bahwa pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik aversi covert sensitization dapat meningkatkan kedisiplinan siswa pada kelas eksperimrn.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Arie Supriyanto, M.Si. dan Nofi Nur Yuhenita, M.Psi
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Aversi Covert Sensitization , Terhadap Peningkatan Kedisiplinan Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 15 Oct 2020 01:35
Last Modified: 15 Oct 2020 01:35
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1581

Actions (login required)

View Item View Item