Utami, Larassati Nur (2020) PENGARUH METODE DEMONSTRASI MELALUI MEDIA KOTAK KOLASE UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA SISWA DALAM PEMBELAJARAN SBK (Penelitian pada Siswa Kelas IV SD Negeri Jetis Purworejo). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0193_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (719kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0193_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (198kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0193_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0193_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0193_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (165kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode demonstrasi melalui media kotak kolase terhadap peningkatan kerjasama siswa kelas IV SD Negeri Jetis Purworejo. Penelitian ini menggunakan rancangan pre-eksperimental. Rancangan penelitian eksperimen ini digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendali dengan rancangan tes awal-tes akhir pada satu kelompok (One Group Pretest-Posttest Design). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Jetis Purworejo sebanyak 17 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Uji validitas instrumen kuesioner menggunakan product moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach’s alpha. Analisis data menggunakan teknik statistik parametrik yaitu uji t (Paired Sample t-test). Dengan bantuan SPSS 18.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode demonstrasi melalui media kotak kolase berpengaruh positif terhadap tingkat kerjasama siswa pada pembelajaran SBK. Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan hasil dari pengukuran awal rata-rata 60,88, kemudian setelah diberikan perlakuan dan diberikan pengukuran kembali diperoleh rata-rata 78,29. Sehingga diperoleh selisih antara hasil pretest dan posttest 17,41. Hasil analisis uji Paired Sample t test diperoleh nilai Sig (2-tailed) adalah 0,000<0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat kerjasama siswa sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Dengan demikian metode demonstrasi melalui media kotak kolase berpengaruh positif terhadap kerjasama siswa.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Arie Supriyatna, M.Si., dan Agrissto Bintang Aji Pradana, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | kerjasama siswa, metode demonstrasi, kotak kolase |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 07 Oct 2020 07:10 |
Last Modified: | 07 Oct 2020 07:10 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1577 |
Actions (login required)
View Item |