Annisa, Jihan Aulia Rizka Yunita (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI (Penelitian pada Siswa Kelas V SDN Salamkanci 2 Bandongan Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0026_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (786kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0026_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (388kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0026_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (289kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0305.0026_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
15.0305.0026_LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) berbantuan media flashcard terhadap peningkatan keterampilan menulis narasi kelas V Sekolah Dasar Negeri Salamkanci 2 Bandongan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen pre-Experimental Design dengan jenis one-group pretest-posttest design. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas V SD Negeri Salamkanci 2 yang berjumlah 22 siswa. Penelitian ini menggunakan 1 kelas dan terdiri dari 22 siswa kelas V. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes. Data penelitian yang dikumpulkan melalui tes kemudian dianalisis menggunakan uji non parametrik dengan Uji Wilcoxon. Analisis data menggunakan uji hipotesis dengan berbantuan SPSS for Windows versi 23.00. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) berbantuan media flashcard berpengaruh positif terhadap peningkatan keterampilan menulis. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata posttest dibandingkan nilai rata-rata pretest. Hasil analisis uji hipotesis signifikan menunjukkan Sig. (2-tailed) adalah 0.000 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata pretest 52,5 dan hasil rata-rata postest 80. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) berbantuan media flashcard berpengaruh positif terhadap peningkatan keterampilan menulis narasi.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Tawil, M.Pd.,Kons dan Agrissto Bintang A.P, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | CIRC, Flashcard, Keterampilan Menulis Narasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 07 Oct 2020 07:04 |
Last Modified: | 07 Oct 2020 07:04 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1576 |
Actions (login required)
View Item |