ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMPN 3 KALIANGKRIK (Studi Komparasi Pada Siswa Yang Berlatar Belakang Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah dengan Sekolah Dasar)

Nisrina, Rina (2020) ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMPN 3 KALIANGKRIK (Studi Komparasi Pada Siswa Yang Berlatar Belakang Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah dengan Sekolah Dasar). Diploma thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
COVER + BAB 1, 2, 3 , 5 & DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
FILE 2 COVER + BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
Fulltext.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
FILE 3 COVER + LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
FILE 4 COVER + PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview

Abstract

pembelajaran PAI pada siswa yang berlatar belakang pendidikan Madrasah Ibtidaiyah dengan Sekolah Dasar. Populasi dalam penelitian ini adaiah siswa kelas VII SMPN 3 Satu Atap Kaliangkrik yang berjumlah 123 siswa. Adapun sampel penelitian ini berjumlah 40 siswa yang ditentukan dengan cara uji Independent Sample T- test. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket yang digunakan untuk mengetahui perbandingan minat siswa yang berlatar pendidikan Madrasah Ibtidaiyah dengan Sekolah Dasar. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis komparatif. Untuk mengetahui perbandingan minat belajar siswa yang berlatar pendidikan Madrasah Ibtidaiyah dengan Sekolah Dasar pada pembelajaran PAI menggunakan bantuan computer program microsoft office excel 2010. Hasil penelitian menunjukkan perbandingan minat siswa yang berlatar belakang pendidikan sekolah dasar dengan madrasah ibtidaiyah terhadap pembelajaran PAI diperoleh frekuensi 17 dengan presentase 70,83% yang penulis katagorikan sangat minat dan frekuensi 7 dengan persentase 29,17% yang penulis kategorikan minat pada siswa yang berlatar belakang pendidikan sekolah dasar dan frekuensi 15 dengan presentase 94% yang kategorikan sangat minat dan frekuensi 1 dengan presentase 6% yang penulis kategorikan minat pada siswa yang berlatar belakang pendidikan madrasah ibtidaiyah. Hasil dari perhitungan independent t – test adalah 1,825 dimana jika t tabel lebih besar dari t hitung maka hipotesis ditolak. Jadi hasil dari penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada minat belajar siswa yang berlatar belakang pendidikan sekolah dasar dengan madrasah ibtidaiyah pada pembelajaran PAI di SMPN 3 Satu Atap Kaliangkrik karena hasil t hitung lebih kecil dari t tabel. Dapat disimpulkan bahwa adanya minat belajar tidak dipengaruhi

Item Type: Karya Ilmiah (Diploma)
Pembimbing: Dr. Imron, Ma dan Afga Sidiq Rifa’i, M. Pd
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Depositing User: Atin Istiarni
Date Deposited: 07 Oct 2020 06:59
Last Modified: 07 Oct 2020 06:59
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1575

Actions (login required)

View Item View Item