Triatmoko, Ivan (2020) HUBUNGAN SOCIAL ANXIETY DENGAN MINAT BELAJAR ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK PERTIWI DANUREJO KECAMATAN MERTOYUDAN KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2020. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
PDF (Skripsi)
15.0603.0053_BAB I_BAB II_BAB III_BABV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) |
||
PDF (Skripsi)
15.0603.0053_BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (312kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0603.0053_FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
15.0603.0053_LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
15.0603.0053_SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (249kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang : Pada masa anak prasekolah, emosi anak sangat kuat, ditandai dengan luapan kemarahan, ketakutan yang hebat, iri hati, rasa senang, jengkel dalam mengadapi lingkungan. Permasalahan yang sering ditemukan di sekolah salah satunya social anxiety ,biasanya di sebabkan anak tidak nyaman dan aman di lingkungan sekolah,dapat berupa gangguan dari teman, merasa malu, rasa ingin pulang, dan lain sebagainya, sehingga ketika anak sekolah, muncul pikiran-pikiran negatif yang mempengaruhi kecemasan anak, menyebabkan proses belajar berjalan kurang maksimal, sehingga anak merasa ada jarak dengan lingkungan sosialnya khususnya di Taman kanak-kanak (TK). Dengan demikian, dapat mengganggu minat belajar anak di Taman Kanak-kanak (TK). Tujuan : Untuk mengetahui hubungan social anxiety dengan minat belajar anak usia prasekolah. Metode : Jenis penelitian ini adalah kuantitatif yang menggunakan desain observasi non-eksperimental (Cross sectional).Pengambilan sampel menggunakan total sampling sebanyak 22 anak usia prasekolah di TK Pertiwi Danurejo. Alat pengumpulan data berupa kuesioner social anxiety dan minat belajar. Data dianalis menggunakan uji Spearmen. Hasil penelitian: Diperoleh hasil dimana anak usia prasekolah paling banyak mengalami social anxiety sedang sebanyak 16 responden dengan presentase 72.7 % dan minat belajar kategori sedang terdapat 11 responden dengan presentase 50.0 %, serta nilai r hitung -0.060 dengan p-value 0.790 sehingga tidak terdapat hubungan karena nilai p-value lebih dari signifikasi 0.05. Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan antara social anxiety dengan minat belajar anak usia prasekolah.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Ns. Reni Mareta, M.Kep dan Ns.Sambodo Sriadi Pinilih, M.Kep |
Uncontrolled Keywords: | Anak Usia Prasekolah, Social Anxiety, Minat Belajar. |
Subjects: | R Medicine > RT Nursing |
Depositing User: | Atin Istiarni |
Date Deposited: | 02 Oct 2020 04:11 |
Last Modified: | 02 Oct 2020 04:11 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1566 |
Actions (login required)
View Item |