PENGARUH KONSELING KELOMPOK BERBASIS RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) UNTUK MENGURANGI DAMPAK BULLYING DI SEKOLAH

Mahfud, Nur (2019) PENGARUH KONSELING KELOMPOK BERBASIS RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) UNTUK MENGURANGI DAMPAK BULLYING DI SEKOLAH. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.031.0059 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (777kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.031.0059 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.031.0059 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.031.0059 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0059 _ PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (87kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh konseling kelompok berbasis rational emotive behavior therapy (REBT) untuk mengurangi dampak bullying di sekolah. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Kranggan, Temanggung. Pada Penelitian ini Peneliti menggunakan pra eksperimental design, desain Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest posttest design dengan satu perlakuan. Sampel Penelitian diambil dengan model purposive sampling yaitu siswa korban bullying yang memiliki dampak bullying tinggi. Sampel yang dipilih atau yang digunakan dalam Penelitian ini sebanyak 8 siswa sebagai kelompok eksperimen yang diberi perlakuan (konseling kelompok berbasis rational emotive behavior therapy (REBT)). Metode Pengumpulan data menggunakan angket dampak korban bullying. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data statistic non parametrik yaitu Uji Wilcoxon Signer Ranks Test dengan bantuan program SPSS for windows versi 20.00. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok berbasis Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) dapat menurunan atau mengurangi dampak korban bullying di sekolah. Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan atau penurunan antara hasil skor pretest dengan rata – rata 146,53 sedangkan hasil skor posttest dengan rata-rata 87,75 atau dapat menurunkan sebersar 41,14% dan didukung oleh data yang menunjukkan adanya penurunan yang signifikan yang ditunjukkan oleh hasil nilai Asymp.Sig. (2-tailed) adalah 0,012. Bahwa nilai Asymp.Sig < 0,05 maka Ha diterima, H0 ditolak . Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok berbasis Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) berpengaruh untuk menurunan atau mengurangi dampak korban bullying di sekolah.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Riana Mashar, M.Si.,Psi. dan Hijrah Eko Putro, M.Pd.(Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Konseling kelompok, Rational Emotive Behavior Therapy (REBT), Dampak Korban Bullying
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 02 May 2019 08:23
Last Modified: 02 May 2019 08:23
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/156

Actions (login required)

View Item View Item