Maesaroh, Umiyatul (2019) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN ETIKA PERGAULAN. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
14.0301.0054 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTRA PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
14.0301.0054 _ BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (369kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
14.0301.0054 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
14.0301.0054 _ FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
14.0301.0054 _ PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (440kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok terhadap peningkatan pemahaman etika pergaulan siswa kelas IX MTs Islamiyah Girirejo Kecamatan Kaliangkrik T.A 2018/2019. Pendekaan yang digunakan dalam penelitian ini yakni penelitian pra eksperimen, dengan desain The One Group Pretest Posttest Design. Subjek penelitian ini adalah 10 siswa, dengan melakukan 5 kali layanan bimbingan kelompok. Teknik pengambilan yang digunakan purposive sampling. Ada dua variabel yang digunakan dalam penelitian yaitu : variabel terikat berupa pemahaman terhadap etika pergaulan, serta variabel bebas yang berupa bimbingan kelompok. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa layanan bimbingan kelompok berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman siswa tentang etika pergaulan. Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan yang signifikan antara pemahaman etika pergaulan sebelum diberikan perlakuan dan setelah diberikan perlakuan. Teknik analisis data menggunakan program SPSS For Windows Versi 16.00 yaitu dengan analisis Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil peningkatan rata-rata skor setelah diberikan perlakuan yakni mean naik dari pretest 92,20 menjadi 122,90 pada mean posttest dengan selisih 30,70 dan nilai signifikasi 0,008 < 0,05 dengan demikian menyatakan bahwa hipotesis diterima.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dra. Indiati, M.Pd, dan Hijrah Eko Putro, M.Pd, (Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Kelompok, Etika Pergaulan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 02 May 2019 08:17 |
Last Modified: | 02 May 2019 08:17 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/155 |
Actions (login required)
View Item |