PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN ETIKA PERGAULAN

Maesaroh, Umiyatul (2019) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN ETIKA PERGAULAN. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0054 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTRA PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0054 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (369kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0054 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0054 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0054 _ PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (440kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok terhadap peningkatan pemahaman etika pergaulan siswa kelas IX MTs Islamiyah Girirejo Kecamatan Kaliangkrik T.A 2018/2019. Pendekaan yang digunakan dalam penelitian ini yakni penelitian pra eksperimen, dengan desain The One Group Pretest Posttest Design. Subjek penelitian ini adalah 10 siswa, dengan melakukan 5 kali layanan bimbingan kelompok. Teknik pengambilan yang digunakan purposive sampling. Ada dua variabel yang digunakan dalam penelitian yaitu : variabel terikat berupa pemahaman terhadap etika pergaulan, serta variabel bebas yang berupa bimbingan kelompok. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa layanan bimbingan kelompok berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman siswa tentang etika pergaulan. Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan yang signifikan antara pemahaman etika pergaulan sebelum diberikan perlakuan dan setelah diberikan perlakuan. Teknik analisis data menggunakan program SPSS For Windows Versi 16.00 yaitu dengan analisis Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil peningkatan rata-rata skor setelah diberikan perlakuan yakni mean naik dari pretest 92,20 menjadi 122,90 pada mean posttest dengan selisih 30,70 dan nilai signifikasi 0,008 < 0,05 dengan demikian menyatakan bahwa hipotesis diterima.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Indiati, M.Pd, dan Hijrah Eko Putro, M.Pd, (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Etika Pergaulan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 02 May 2019 08:17
Last Modified: 02 May 2019 08:17
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/155

Actions (login required)

View Item View Item