PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINNING UNTUK MENGURANGI PERILAKU TERISOLIR SISWA(PenelitianSiswaKelas XI ATPH SMK Muhammadiyah 2 Mertoyudan Magelang)

Indasari, Putri Nur (2018) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINNING UNTUK MENGURANGI PERILAKU TERISOLIR SISWA(PenelitianSiswaKelas XI ATPH SMK Muhammadiyah 2 Mertoyudan Magelang). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0301.0020 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (918kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0020 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0020 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0020 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok dengan teknik assertive trainning untuk mengurangi perilaku terisolir siswa kelas XI ATPH SMK Muhammadiyah 2 Mertoyudan tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen pre test-post test one group design.Subjek penelitian dipilih secara purposive sampling yaitu 8 siswa yang mengalami perilaku perilaku terisolir tinggi. Metode pengumpulan data menggunakan skala perilaku terisolir. Analisis data menggunakan statistic non parametric dengan uji Wilcoxon Signed Rank Test dengan bantuan program SPSS Version 23.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok dengan teknik assertive trainning berpengaruh terhadap penurunan perilaku terisolir siswa. hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan peningkatan skor post test yang signifikan lebih rendah dibandingkan dengan skor pre test sebelum diberikan konseling kelompok dengan teknik assertive trainning. Rata-rata peningkatan skor sebesar 65 atau 38,01% dan terendah 21 atau 14,48% selain itu penurunan perilaku terisolir ditandai dengan perbedaan salah satu aspek dan indikator perilaku terisolir salah siswa yang tidak pernah menyapa temannya dan tidak pernah berinteraksi dengan temannya sekarang sudah mulai menyapa dan berinteraksi dengan teman-temannya.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Subiyanto, M.Pd dan Dewi Liana Sari, M.Pd. (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: assertive trainning, konseling kelompok, perilaku terisolir
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Rizki Shofak Isnaini
Date Deposited: 27 Apr 2019 06:34
Last Modified: 27 Apr 2019 06:34
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/151

Actions (login required)

View Item View Item