PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK SELF REGULATED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA(Penelitian pada Siswa kelas X Tata Busana di SMK Muhammadiyah 1 Borobudur)

Priambada, Wibawa Bayu (2018) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK SELF REGULATED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA(Penelitian pada Siswa kelas X Tata Busana di SMK Muhammadiyah 1 Borobudur). Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
13.0301.0020 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (918kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0020 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0020 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
13.0301.0020 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok menggunakan teknik self regulated learning terhadap peningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan pada kelas X Tata Busana di SMK Muhammadiyah 1 Borobudur TA 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pretest posttest control group design dengan satu perlakuan. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 33 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 20 orang siswa, 10 orang siswa masuk ke dalam kelompok eksperimen yaitu kelompok yang diberikan perlakuan (konseling kelompok menggunakan self regulated learning) dan 10 orang siswa masuk kelompok kontrol yaitu kelompok yang tidak diberikan perlakuan. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisa data menggunakan analisis parametrik One Way Anova. Kesimpulan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konseling kelompok menggunakan teknik self regulated learning berpengaruh secara positif terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. Hal ini diketahui bahwa signifikansi 0,009 kurang dari 0,05 yang artinya ada perbedaan peningkatan skor motivasi belajar antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol, dimana peningkatan pemahaman kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Additional Information: Prof. Dr. Muhammad Japar, M.Si., Kons. dan Hijrah Eko Putro, M.Pd (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: konseling kelompok, teknik self regulated learning, motivasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Soffa KIM
Date Deposited: 27 Apr 2019 06:32
Last Modified: 27 Apr 2019 06:32
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/150

Actions (login required)

View Item View Item