Nurlaeli, Saras (2019) PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI KEBIASAAN SISWA TERLAMBAT KE SEKOLAH. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
14.0301.0034 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (935kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
14.0301.0034 _ BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (213kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
14.0301.0034 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
14.0301.0034 _ FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
14.0301.0034 _ PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (370kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh menguji konseling kelompok dengan teknik self management dalam mengurangi kebiasaan siswa terlambat ke sekolah. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI TKR A SMK Islam Sudirman Grabag T.A 2018/2019. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre eksperiemen dengan model One Group Pretest-Postes Design. Subjek penelitian di pilih secara purposive sampling. Sampel yang diambil sebanyak 8 siswa, di peroleh dari hasil pretest menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria yang memiliki tingkat keterlambatan yang tinggi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket keterlambatan. Uji validitas instrumen angket keterlambatan dengan menggunakan rumus product moment sedangkan uji reliabilitas mengguanakan rumus Cronbach alpha dengan bantuan program SPSS for Windows versi 23.00. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan teknik statistik parametrik yaitu uji Paired Sample T-Test dengan bantuan program SPSS for Windowsversi 23.00. Hasil penelitian menunjukan bahwa konseling kelompok dengan teknik self management berpengaruh positif terhadap keterlambatan siswa di sekolah. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis Uji Paired Sample T-Test dengan probabilitas nilai sig (2-tailed) 0,000<0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor pretest dan posttest sebesar 27,375 atau 12,78%. Hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwa konseling kelompok dengan teknik self management berpengaruh untuk mengurangi keterlambatan pada siswa kelas XI TKR A SMK Islam Sudirman Grabag T.A. 2018/2019.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Dr. Purwati, MS.,Kons., dan Drs. H. Subiyanto, M.Pd., (Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | Konseling Kelompok, Self Management, Keterlambatan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 02 May 2019 07:57 |
Last Modified: | 02 May 2019 07:57 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/149 |
Actions (login required)
View Item |