PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI KEBIASAAN SISWA TERLAMBAT KE SEKOLAH

Nurlaeli, Saras (2019) PENGARUH KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI KEBIASAAN SISWA TERLAMBAT KE SEKOLAH. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0034 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (935kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0034 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0034 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0034 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0034 _ PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (370kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh menguji konseling kelompok dengan teknik self management dalam mengurangi kebiasaan siswa terlambat ke sekolah. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI TKR A SMK Islam Sudirman Grabag T.A 2018/2019. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pre eksperiemen dengan model One Group Pretest-Postes Design. Subjek penelitian di pilih secara purposive sampling. Sampel yang diambil sebanyak 8 siswa, di peroleh dari hasil pretest menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria yang memiliki tingkat keterlambatan yang tinggi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket keterlambatan. Uji validitas instrumen angket keterlambatan dengan menggunakan rumus product moment sedangkan uji reliabilitas mengguanakan rumus Cronbach alpha dengan bantuan program SPSS for Windows versi 23.00. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan teknik statistik parametrik yaitu uji Paired Sample T-Test dengan bantuan program SPSS for Windowsversi 23.00. Hasil penelitian menunjukan bahwa konseling kelompok dengan teknik self management berpengaruh positif terhadap keterlambatan siswa di sekolah. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis Uji Paired Sample T-Test dengan probabilitas nilai sig (2-tailed) 0,000<0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor pretest dan posttest sebesar 27,375 atau 12,78%. Hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwa konseling kelompok dengan teknik self management berpengaruh untuk mengurangi keterlambatan pada siswa kelas XI TKR A SMK Islam Sudirman Grabag T.A. 2018/2019.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Purwati, MS.,Kons., dan Drs. H. Subiyanto, M.Pd., (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok, Self Management, Keterlambatan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 02 May 2019 07:57
Last Modified: 02 May 2019 07:57
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/149

Actions (login required)

View Item View Item