PENGARUH KONSELING KELOMPOK TEKNIK COGNITIVE BEHAVIORAL THERAPY TERHADAP PENURUNAN PROKRASTINASI AKADEMIK

Setiyana, Sinta (2019) PENGARUH KONSELING KELOMPOK TEKNIK COGNITIVE BEHAVIORAL THERAPY TERHADAP PENURUNAN PROKRASTINASI AKADEMIK. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0033 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (721kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0033 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0033 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0033 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0033 _ PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh konseling kelompok teknik cognitive behavioral therapy terhadap penurunan prokrastinasi akademik. Penelitian dilakukan pada siswa kelas X TKR B SMK Muhammdiyah 1 Bandongan T.A. 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design dengan satu perlakuan. Sampel yang diambil sebanyak 20 siswa, 10 siswa masuk dalam kelompok eksperimen yaitu kelompok yang diberikan perlakuan (konseling kelompok teknik cognitive behavioral therapy) dan 10 siswa masuk dalam kelompok kontrol yaitu kelompok yang tidak diberikan perlakuan. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis parametrik One Way Anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji Anova konseling kelompok teknik cognitive behavioral therapy berpengaruh terhadap penurunan prokrastinasi akademik. Hal ini dibuktikan dengan hasil signifikasi p=0,001 yang lebih kecil dariα=0,05 yang merupakan standar ukur pemeriksaan. Maka dapat disimpulkan taraf signifikasi tersebut ada perbedaan. Selain itu penurunanprokrastinasi akademik siswa ditandai dengan perbedaan aspek dan indikator dari prokrastinasi akademik.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Tawil, M.Pd., Kons dan Dra. Indiati, M.Pd., (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok, Cognitive Behavioral Therapy, Prokrastinasi Akademik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 02 May 2019 07:53
Last Modified: 02 May 2019 07:53
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/148

Actions (login required)

View Item View Item