PENGARUH KONSELING KELOMPOK TEKNIK REGULASI DIRI TERHADAP PENURUNAN KETERLAMBATAN DATANG KE SEKOLAH

Sulistyoningrum, Amita (2019) PENGARUH KONSELING KELOMPOK TEKNIK REGULASI DIRI TERHADAP PENURUNAN KETERLAMBATAN DATANG KE SEKOLAH. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0026 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (781kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0026 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0026 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0026 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0026 _ PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling kelompok teknik regulasi diri terhadap penurunan keterlambatan datang ke sekolah pada siswa kelas IX B yang sering terlambat datang ke sekolah di SMP Muhammadiyah Tempuran Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pre Experimental dengan menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Sampel yang diambil sebanyak 7 siswa untuk diberikan perlakuan (konseling kelompok teknik regulasi diri). Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik non parametrik uji Wilcoxon Signed Rank Test. Kesimpulan dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa konseling kelompok teknik regulasi diri berpengaruh positif terhadap penurunan keterlambatan datang ke sekolah. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0,016 < 0,05 dari taraf signifikansi 5 %. Rata-rata penurunan skor pretest posttest mencapai 4,70 %. Hal ini juga dibuktikan dengan adanya perbedaan rata-rata skor pretest dan skor posttest, dimana skor posttest “lebih rendah” = 88,00 daripada skor pretest = 92,43. Selain itu, penurunan keterlambatan datang ke sekolah ditandai dengan perubahan siswa menjadi lebih baik salah satunya adalah tidak terlambat.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Drs. Tawil, M.Pd., Kons dan Dra. Indiati, M.Pd., (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok Teknik Regulasi Diri, Keterlambatan Datang ke Sekolah
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 02 May 2019 07:40
Last Modified: 02 May 2019 07:40
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/147

Actions (login required)

View Item View Item