Adhani, Istika (2019) EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMANDIRI SISWA DENGAN MOTIVASI BELAJAR RENDAH (Penelitian Pada Siswa Kelas IV SDN KALEGEN 1. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
14.0301.0025 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (774kB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
14.0301.0025 _ BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (329kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
14.0301.0025 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
14.0301.0025 _ FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
14.0301.0025 _ PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (336kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas bimbingan kelompok untuk meningkatkan pemahaman diri siswa dengan motivasi belajar rendah kelas IV SDN Kalegen 1 Bandongan Tahun Ajaran 2018/2019. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yakni penelitian pra eksperimen, dengan desain One Group Pretest Posttest Design. Subjek penelitian ini adalah 8 siswa, dengan melakukan 8 kali bimbingan kelompok. Tehnik pengambilan yang digunakan purposive sampling. Ada dua variabel yang digunakan dalam penelitian yaitu : variabel bebas berupa bimbingan kelompok , serta variabel terikat berupa pemahaman pemahaman diri. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan pemahaman diri siswa dengan motivasi belajar rendah. Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan yang signifikan antara pemahaman motivasi belajar sebelum diberikan perlakuan dan setelah diberikan perlakuan. Teknik analisis data menggunakan program SPSS For Windows Versi 16.00 yaitu dengan analisis Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil peningkatan ratarata skor setelah diberikan perlakuan yakni mean naik dari pretest 59,9 menjadi 97,6 pada mean posttest dengan selisih 37,7 dan nilai signifikasi 0,012 < 0,05 dengan demikian menyatakan bahwa hipotesis diterima.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Drs. Subiyanto, M.Pd, dan Dewi Lianasari, M.Pd. Kons, (Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Kelompok, Motivasi Belajar, Pemahaman diri |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 02 May 2019 07:33 |
Last Modified: | 02 May 2019 07:33 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/146 |
Actions (login required)
View Item |