Yuniati, Desi Ratna (2019) KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) DENGAN TEKNIK TEACHING COPING SELF-STATEMENTS UNTUK MENGURANGI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.
|
PDF (Skripsi)
14.0301.022 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
PDF (Skripsi)
14.0301.022 _ BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (530kB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
14.0301.022 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
PDF (Skripsi)
14.0301.022 _ FULLTEXT.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
||
|
PDF (Skripsi)
14.0301.0022 _ PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version Download (291kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan konseling kelompok pendekatan Rational-Emotive Behavior Therapy (REBT) dengan teknik Teaching Coping Self-Statements untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik siswa kelas XI Administrasi Perkantoran 3 SMK Muhammadiyah Salaman Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan model The One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah 30 siswa kelas XI jurusan Administrasi Perkantoran 3 SMK Muhammadiyah Salaman. Sampel penelitian adalah 8 siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive random sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah skala perilaku prokrastinasi akademik siswa. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan paired sample t-test. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan program SPSS 22.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) dengan teknik Teaching Coping Self-Statements efektif untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik siswa. Penurunan tingkat prokrastinasi akademik siswa ditunjukkan dengan perbedaan skor skala prokrastinasi akademik setelah perlakuan, serta perubahan perilaku berdasarkan aspek dan indikator prokrastinasi akademik siswa.
Item Type: | Karya Ilmiah (Other) |
---|---|
Pembimbing: | Prof. Dr. Muhammad Japar, M.Si., Kons. dan Dewi Lianasari, M.Pd. (Pembimbing) |
Uncontrolled Keywords: | Konseling Kelompok, Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT), Teknik Teaching Coping Self-Statements, Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Depositing User: | Sulistya Nur Ginanjar, SIP. |
Date Deposited: | 02 May 2019 07:11 |
Last Modified: | 02 May 2019 07:11 |
URI: | http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/145 |
Actions (login required)
View Item |