KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) DENGAN TEKNIK TEACHING COPING SELF-STATEMENTS UNTUK MENGURANGI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA

Yuniati, Desi Ratna (2019) KEEFEKTIFAN KONSELING KELOMPOK PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) DENGAN TEKNIK TEACHING COPING SELF-STATEMENTS UNTUK MENGURANGI PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.022 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.022 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (530kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.022 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.022 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0022 _ PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (291kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan konseling kelompok pendekatan Rational-Emotive Behavior Therapy (REBT) dengan teknik Teaching Coping Self-Statements untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik siswa kelas XI Administrasi Perkantoran 3 SMK Muhammadiyah Salaman Kabupaten Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan model The One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah 30 siswa kelas XI jurusan Administrasi Perkantoran 3 SMK Muhammadiyah Salaman. Sampel penelitian adalah 8 siswa yang dipilih menggunakan teknik purposive random sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah skala perilaku prokrastinasi akademik siswa. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan paired sample t-test. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan program SPSS 22.00 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) dengan teknik Teaching Coping Self-Statements efektif untuk mengurangi perilaku prokrastinasi akademik siswa. Penurunan tingkat prokrastinasi akademik siswa ditunjukkan dengan perbedaan skor skala prokrastinasi akademik setelah perlakuan, serta perubahan perilaku berdasarkan aspek dan indikator prokrastinasi akademik siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Prof. Dr. Muhammad Japar, M.Si., Kons. dan Dewi Lianasari, M.Pd. (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok, Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT), Teknik Teaching Coping Self-Statements, Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 02 May 2019 07:11
Last Modified: 02 May 2019 07:11
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/145

Actions (login required)

View Item View Item