PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG PERILAKU BULLYING

Rahayu, Dwi (2019) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG PERILAKU BULLYING. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0017 _ BAB I _ BAB II _ BAB III _ BAB V _ DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (813kB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0017 _ BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (352kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0017 _ LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
14.0301.0017 _ FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
14.0301.0017 _ PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (367kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik modeling untuk meningkatkan pemahaman perilaku Bullying siswa. Penelitian dilakukan pada siswa kelas XII IPS 2 MA Negeri 1 Kota Magelang T.A 2018/2019 Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen yaitu eksperimen murni (true eksperimental), desain penelitian yang digunakan adalah pretest posttest control group design dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang diambil sebanyak 8 siswa sebagai kelompok eksperimen yang diberi perlakuan teknik modeling dan 8 siswa yang tidak diberi perlakuan teknik modeling. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling.Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Teknik analisis data menggunakan statistic non parametric yaitu uji Mann Whitney dengan bantuan program SPSS for windows versi 22.00. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik modeling berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman Bullying siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil analisis Mann Whitney pada kelompok eksperimen dengan probabilitas nilai sig 0,001 < 0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata angket pemahaman perilaku Bullying antara kelompok eksperimen sebesar 41,125 dan kelompok kontrol sebesar 4 . Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik modeling berpengaruh untuk meningkatkan pemahaman perilaku Bullying siswa.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dr. Purwati, MS.,Kons. dan Sugiyadi, M.Pd (Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok, Teknik Modeling, Pemahaman Perilaku Bullying.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Sulistya Nur Ginanjar, SIP.
Date Deposited: 30 Apr 2019 09:27
Last Modified: 30 Apr 2019 09:27
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/143

Actions (login required)

View Item View Item