PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DENGAN MEDIA PIZZA CERDAS DI MI Al ISLAM BALESARI

Asmi, Asha Fauzia (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE TWO STAY TWO STRAY (TSTS) DENGAN MEDIA PIZZA CERDAS DI MI Al ISLAM BALESARI. Other thesis, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0405.0003_BAB I_BAB II_BAB III_BAB V_DAFTAR PUSTAKA .pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] PDF (Skripsi)
15.0405.0003_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (717kB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0405.0003_LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Skripsi)
15.0405.0003_FULLTEXT.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
PDF (Skripsi)
15.0405.0003_PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf - Published Version

Download (486kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan metode penggunaan metode Two Stay Two Stray (TSTS). Penelitian ini dilaksanakan di MI Al Islam Balesari. Metode penelitian yang digunakan adalah metode tindakan kelas atau action research. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, metode tes dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, yang terdiri dari dua pertemuan. Satu siklus itu terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan tindakan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Penelitian dilakukan di MI Al Islam Balesari, pada siswa kelas V (lima) yang berjumlah 20 siswa Tahun Ajaran 2018/2019. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Two Stay Two Stray (TSTS) denganhasil perolehan nilai sebagai berikut: (1) Nilai rata-rata yang didapat oleh siswa pada pra siklus sebesar 62.80, (2) Nilai rata-rata siklus I 69.50. (3) Nilai rata-rata siklus II 82.50. Bila dikonsultasikan dengan t tabel dengan df=19 hasilnya adalah th=9,31˃ ts0,01=2,86. Pada taraf 1% Ha diterima sedangkan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MI Al Islam Balesari Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang.

Item Type: Karya Ilmiah (Other)
Pembimbing: Dra. Kanthi Pamungkas Sari, M.Pd (0626046902) dan Irham Nugroho, M.Pd.I (0626098802)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, IPS, Metode Two Stay Two Stray (TSTS), Media Pizza Cerdas
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Nilma Himawati
Date Deposited: 03 Feb 2020 07:15
Last Modified: 03 Feb 2020 07:15
URI: http://eprintslib.ummgl.ac.id/id/eprint/1412

Actions (login required)

View Item View Item